MADIUN – Panggung Gembira Indosiar rangkaian Hari Jadi ke-101 Kota Madiun bukan hanya sarana hiburan bagi masyarakat. Namun, juga media promosi kearifan lokal yang tepat. Walikota Madiun Maidi memanfaatkan kesempatan itu untuk promosi makanan dan minuman khas Madiun Kota Pendekar.

Salah satunya, Pecel Madiun dan minuman Tape Kembang. Pemkot Madiun sengaja menyisipkan Festival Pecel Pincuk dalam acara yang berlangsung di Alun-alun tersebut. Promosi semakin mengena lantaran kegiatan Panggung Gembira tersebut dihadiri puluhan ribu masyarakat.

‘’Pecel kita harus membumi. Artinya, dikenal luas tidak hanya masyarakat kita. Tapi juga masyarakat luar. Kegiatan hari ini merupakan salah satu cara mewujudkannya,’’ kata Walikota Maidi disela acara, Sabtu (22/6).

Pemkot menyediakan 12 ribu pecel pincuk untuk masyarakat secara gratis. Walikota Maidi bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi, Wakil Walikota Inda Raya dan R Bagus Aditama, suami, menyempatkan untuk meladeni pecel secara langsung. Tidak hanya kepada masyarakat, tetapi juga kepada host dan artis ibu kota yang mengisi acara. Mulai, Indra Bekti, Chika Jessica, Jirayut, Putri DA, Trio Macan, dan Via Vallen.

Tak hanya menjuali, Ketua Tim Penggerak PKK Yuni juga mengenalkan isian pecel khas Madiun. Mulai sayurannya, kering, hingga lauk pauk yang biasa ada di nasi pecel. Para artis ibu kota itu tampak menikmati sajian pecel Bu Maidi.

Baca juga:   Gowes Bareng Jadi Ajang Silaturahmi Tiga Pilar di Manguharjo

‘’Tidak hanya pecel, Kota Madiun juga memiliki minuman khas pendamping nasi pecel. Yaitu Tape Kembang. Ini sudah mulai tenggelam. Kami ingin mengenalkan itu kembali,’’ lanjut walikota.

Walikota juga menjelaskan perbedaan nasi Pecel Madiun dengan lainnya. Nasi Pecel Madiun memiliki rasa yang khas. Itu lantaran sambel pecelnya yang ditambahkan jeruk purut. Sedang, di daerah lain biasanya ditambahkan kencur. Selain itu, gula yang digunakan sebagai campuran menggunakan gula merah. Di daerah lain menggunakan gula pasir. Sayuran yang ada di dalamnya juga lebih lengkap jika di Pecel Madiun. Bunga turi salah satu sayuran yang jarang ada di nasi pecel lain.

‘’Ciri khas ini harus dipertahankan. Jika ada yang kangen Pecel Madiun biar langsung datang ke sini,’’ imbuhnya.

Gelaran Panggung Gembira Indosiar masih akan berlangsung, Minggu (23/6) besok. Kegiatan akan diramaikan pedangdut Rita Sugiarto, Selfi, Faul, Rani, Eka, Anna, dan Papinka Band. Selain itu, terdapat Pentas 101 Pendekar dan tumpeng Bluder setinggi tiga meter. Kegiatan dimulai pukul 07.00. (ws hendro/dhevit/agi/diskominfo)