MADIUN – Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) memegang peranan penting di Kota Madiun. Terutama sebagai agen informasi di tingkat paling bawah. Tak heran, KIM kerap menjadi penyambung informasi masyarakat dengan pemerintah. Sehingga masyarakat mendapat informasi yang sesuai.

Informasi dapat membentuk pola pikir masyarakat. Informasi yang positif akan membentuk pola pikir positif pula. Begitu juga sebaliknya.

‘’KIM harus selalu menampilkan perubahan positif di lingkungan. Ini memang tidak mudah. Tetapi wajib terus diupayakan. Pembinaan ini salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan peran KIM,’’ kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun Subakri saat membuka Pembinaan KIM di Hall Stadion Wilis Kota Madiun, Senin (24/6).

Pembinaan memang dilakukan secara berkala dan berkesinambungan. Pada kesempatan kali ini, pembinaan lebih mengedepankan terkait materi keikutsertaan dalam Anugerah Pewarta Warga (APW) tingkat Provinsi yang akan diselenggarakan 30 Juni nanti. KIM Kota Madiun diharap berkontribusi dalam ajang tersebut.

Subakri mengatakan untuk mengikuti APW tingkat Provinsi Jatim 2019 ini, KIM harus terdaftar di KIM Provinsi Jawa Timur. Untuk itu, Diskominfo memfasilitasi kegiatan ini agar KIM kelurahan berkontribusi.

Baca juga:   Berkonsep Joglo Hingga Ramah Difabel, Gedung Baru Dewan Makin Nyaman Untuk Rakyat

‘’Ada 11 kelompok KIM Kota Madiun yang terdaftar. Kami berharap hari ini sudah banyak yang teregistrasi,’’ ungkapnya.

Subakri berharap kerja sama baik yang ditunjukkan KIM se-Kota Madiun terus terjaga. Apalagi, Pemkot Madiun juga memberikan wadah melalui Forum KIM. Harapannya, kontribusi KIM juga terus meningkat. Terbaru, KIM cukup berkontribusi dalam mendukung kelurahan maju menjadi kontestan diajang Kelurahan Berhasil tingkat Provinsi Jawa Timur.

“KIM Padmasari dan KIM Bhakti Pertiwi cukup mendukung Kelurahan Patihan menjadi peserta Kelurahan Berhasil tingkat Provinsi Jawa Timur,” imbuhnya.

Ketua Forum KIM Kota Madiun Agus Wijanarko menyebut terdapat dua pelatihan dalam pembinaan kali ini. Pembinaan dibagi menjadi dua sesi. Sesi pertama materi infografis dan yang kedua akan membantu meregistrasi web KIM yang dikelola ke web KIM Provinsi Jawa Timur.

‘’Pelatihan kali ini kita fokuskan diinfografis. Karena infografis salah satu kategori yang dilombakan selain jurnalistik warga, fotografi, dan video pendek,” ungkapnya disela-sela kegiatan. (nurdiono/adit/diskominfo)