MADIUN – Musim haji sebentar lagi. Berbagai persiapan terus dilakukan Calon Jamaah Haji (CJH) khususnya dari Kota Madiun agar pelaksanaan ibadah haji di tanah suci nanti berjalan lancar dan mabrur.

Persiapan tidak hanya dilakukan CJH semata. Pemerintah Kota Madiun juga melakukan berbagai persiapan untuk memfasilitasi masyarakat Kota Madiun yang akan melaksanakan Rukun Islam yang ke-5 itu. Salah satunya, doa dan istighotsah bersama CJH di Rumah Dinas Walikota, Senin (24/6) malam.

Kegiatan yang dirangkai dengan Salat Isya’ berjamaah itu juga sebagai sarana pamitan 189 CJH Kota Madiun yang dijadwalkan berangkat 6 Juli mendatang. CJH Kota Madiun tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 3. Termasuk Kloter awal. Jumlah jamaah tahun ini turun dibanding ibadah haji tahun lalu. Kendati begitu diperkirakan masih terdapat tambahan.

Walikota Madiun Maidi berharap istighotsah dapat memberikan tambahan moril bagi CJH Kota Madiun. Ini penting mengingat kondisi di tanah suci berbeda dengan di tanah air. Ibadah haji tidak hanya butuh fisik yang prima. Namun, juga mental yang kuat. Tak heran, persiapan dilakukan baik secara fisik maupun mental.

Baca juga:   Sudah Terapkan SIMBG, Pemkot Madiun Beri Testimoni Dalam PUPR 4.0 Expo

“Saya pesan di sana yang rukun. Kita semua berangkat sebagai saudara, pulang juga saudara,” kata walikota.

Hal itu penting mengingat banyak godaan mengemuka. Entah capek atau lainnya yang sering memunculkan salah paham antar sesama jamaah. Walikota berharap semua hal tersebut dapat diredam. Selain itu, walikota berpesan untuk mendoakan Kota Madiun, Mendoakan masyarakat Kota Madiun, dan mendoakan seluruh pejabat Kota Madiun agar dapat melaksanakan tugas dengan amanah.

“Kota Madiun sudah berusia 101 tahun. Sudah banyak capaian yang diraih. Ini tak terlepas dari doa kita semua. Saya titip pesan untuk terus didoakan dari sana nanti,” ujarnya. (ws hendro/agi/diskominfo)