Foto: ayobandung.com

MADIUN – Kota Madiun bakal menjadi salah satu daerah tuan rumah gelaran Roadshow Bus KPK 2019 tahun ini. Giat bertajuk Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi yang digagas Komisi Pemberantasan Korupsi itu dijadwalkan berlangsung tiga hari di kota pecel. Yakni, Jumat 28 hingga Minggu 30 Juni 2019 mendatang.

Berbagai kegiatan bakal tersaji. Mulai, dongeng anti korupsi, pemutaran film anti korupsi, playday boardgames, pentas musik, seni, dan budaya, pameran pelayanan publik, sosialisasi pengaduan masyarakat, klinik gratifikasi, LHKPN, dan E-Announcement, asistensi pengisian E-LHKPN, sosialisasi gratifikasi untuk ASN, camat, dan lurah/kades, sosialisasi dan implementasi JAGA, kuliah umum, pembekalan anti korupsi untuk Caleg DPRD terpilih, sosialisasi panduan pencegahan korupsi dunia usaha dan UMK, sosialisasi diseminasi pendidikan anti korupsi guru PKN, diskusi publik komunitas dan masyarakat sipil, dan sosialisasi di Car Free Day (CFD). Khusus di Kota Madiun, kegiatan bakal berpusat di Sun City dan Jalan Pahlawan pada saat CFD.

Kendati begitu, bukan berarti kegiatan tak menarik. Sebab, sejumlah kegiatan yang dikemas melalui permainan. Seperti mendongeng, playday boardgames, pemutaran film, dan lain sebagainya. Kegiatan tersebut dirasa perlu lantaran melibatkan pelajar. Kegiatan memang bertujuan memberikan edukasi anti korupsi sejak dini. Pelajar sebagai generasi penerus ke depan memiliki sifat ksatria dan anti korupsi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih demi kemajuan nusa, bangsa, dan negara.

‘’Intinya, akan ada banyak kegiatan bernuansa edukasi. Bukan hanya soal pendidikan anti korupsi, tetapi juga tentang ketentuan cukai,’’ kata Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun Subakri, Senin (24/6).

Baca juga:   Penerimaan Taruna-Taruni TNI AU Masuk Tahap Pra Pantukhir

Kegiatan KPK ini memang menggandeng Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kominfo. Selain itu, pelaksanaan juga berkolaborasi dan bekerja sama dengan Polres dan Polresta, Inspektorat, Kantor Kedinasan, DPRD, KPUD, dan instansi pemerintah lain. Pemkot Madiun dipastikan memberikan dukungan maksimal. Mulai lokasi hingga dukungan peserta. Kegiatan diprediksi bakal menyajikan keseruan.

‘’Penanganan korupsi tidak cukup dengan penindakan. Tetapi masyarakat terutama generasi penerus harus ditanamankan sifat-sifat anti korupsi agar memiliki kepribadian yang baik ke depannya. Apresiasi untuk KPK yang sudah menggelar acara ini di Kota Madiun,’’ ujarnya.

Kegiatan tidak hanya di Kota Madiun. Pimpinan KPK secara resmi melepas bus Jelajah Negeri Bangun Antikorupsi itu untuk menyambangi 28 kota dan kabupaten di Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali, beberapa waktu lalu. Bus dijadwalkan menyambangi Kota Madiun akhir bulan ini. (agi/madiuntoday)

#madiunkotapendekar
#pancakarya
#madiunkotapintar
#madiunkotamelayani
#madiunkotamembangun
#madiunkotapeduli
#madiunkotaterbuka
#BusKPK
#JelajahNegeriBangunAntiKorupsi