Ask Youth Antarkan Novia Jadi Wakil Kota Madiun Di Ajang Duta Genre Tingkat Jatim

MADIUN- Usia remaja tak ubahnya seperti usia emas. Dimana banyak kegingintahuan yang harus dicari, mencoba hal-hal baru, dan masa dimana fisik sangat aktif untuk berkegiatan. Hal inilah yang menggambarkan pribadi Novia Rahmawati, di usianya yang menginjak 18 tahun, seabrek kegiatan sosial dan berorganisasi telah dilakoninya.

Berkat keaktifan dalam berorganisasi dan kecakapannya tersebut, gelar Duta Genre (Generasi Berencana) Kota Madiun 2018 berhasil dimiliki oleh Novia. Sekaligus membawa gadis yang baru saja lulus dari SMKN 2 Kota Madiun tersebut masuk 10 besar nominasi Duta Genre tingkat Provinsi Jawa Timur.

“Persiapan buat maju ke provinsi banyak dan waktunya sedikit. Disuruh bikin poster, video profil, dan paper yang saya beri judul Ask Youth kepanjangan dari  Action, Skill, and Knowledge,” ungkapnya.

Gadis yang tinggal di Kelurahan Oro-oro ombo ini menjelaskan, Ask Youth merupakan program kerja yang bertujuan untuk mengajak remaja seusianya agar bisa memiliki aksi, mengasah keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki agar bermanfaat bagi sekitar.

“Inspirasinya dari kehidupan sehari-hari, sekarang kan jamannya internet. Apalagi pemkot memfasilitasi Wifi gratis, banyak yang akses sosmed atau internet untuk hal yang kadang gak jelas. Lewat paper ini saya ingi  ngajak teman-teman untuk lebih berkontribusi di usia mudanya,” akunya.

Baca juga:   Pelipatan 752.460 Surat Suara, KPU Libatkan 54 Warga Kota

Novia mencontohkan, misalnya bisa aktif lewat gerakan-gerakan sosial yang digerakkan melalui sosial media. Atau dengan aktif mengikuti organisasi dan diskusi-diskusi. Tentunya di bidang yang diminati oleh masing-masing individu.

“Kalau saya dari dulu memang suka organisasi yang berbau kesehatan. Waktu sekolah saya ikut Kader Kesehatan Remaja (KKR), darisana saya mengenal pemilihan duta genre ini. Banyak ilmu yang saya dapat, senangnya lagi saya bisa sharing ilmu itu ke orang lain,” jelasnya.

Duta Genre sendiri merupakan wadah untuk mengembangkan karakter anak bangsa, karena mengajarkan remaja untuk menjauhi pernikahan dini, seks pra nikah dan napza, guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Pada tanggal 11 hingga 13 Juli mendatang, Novia akan menjadi satu-satunya wakil dari Kota Madiun untuk maju ke tingkat Provinsi Jawa Timur dalam ajang yang sama. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019