MADIUN- Menihilkan angka pengangguran di Kota Madiun menjadi fokus utama pemerintah dalam rangka mensejahterakan masyarakatnya. Melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun, upaya-upaya tersebut kian digalakkan, salah satunya dengan menyelenggarakan pelatihan kerja.

Seperti yang terlihat di salah satu ruang kelas SMKN 4 Kota Madiun pada Selasa (2/7). Setidaknya 20 ibu-ibu rumah tangga yang berasal dari tiga kecamatan yang ada di kota ini berkumpul untuk mengikuti pembinaan dan pelatihan keterampilan kerja bagi tenaga kerja dan masyarakat. Khususnya untuk keterampilan menjahit.

Kepala Disnaker Kota Madiun Suyoto mengatakan, pelatihan ini merupakan pelatihan kali kedua di tahun 2019. Sebelumnya, pelatihan telah diadakan pada pertengahan April yang lalu.

“Sebenarnya peserta lebih banyak, mereka ini usulan dari musyawarah rencana pembangunan (musrenbang). Harapannya yang tidak bisa tercover oleh kami, bisa dibina dari dana kelurahan,” jelasnya.

Lebih lanjut Suyoto menjelaskan, total masyarakat yang mengikuti pelatihan sebanyak 40 peserta. Harapannya, melalui pembinaan dan pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan masyarakat di bidang jahit menjahit.

Baca juga:   Buka Peluang Usaha, Disnaker Kota Madiun Buka Sejumlah Pelatihan Tahun Ini

“Harapannya setelah dari sini mereka bisa terampil dalam menjahit. Nanti kan bisa membuka usaha jahit dan membantu perekonomian keluarga. Dengan meningkatnya perekonimian keluarga maka perekonomian di masyarakat juga akan meningkat,” imbuhnya.

Para peserta dibekali keterampilan mulai dari mengukur, membuat pola, memotong, hingga menjahit. Mereka dibina langsung oleh tenaga ahli yang memang disiapkan oleh Disnaker sebagai salah satu fasilitas yang diberikan kepada masyarakat.

Rencananya kegiatan pembinaan dan pelatihan ini akan berlangsung selama 12 hari kedepan. Dimulai sejak hari ini, hingga 16 Juli mendatang. Dengan catatan, dimulai pukul 07.30 hingga pukul 13.00, dan setiap hari Sabtu dan Minggu libur. (kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019