MADIUN – Hari Raya Idul Fitri 1.440 Hijriyah menjadi momen keberhasilan masa angkutan Lebaran 2019 bagi PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun. Hal itu tak lepas dari suksesnya pengoperasian KA Madiun Tambahan (Mantab) ekstra Lebaran relasi Madiun-Pasarsenen pada arus balik.

Keberhasilan itupun memunculkan ide baru. Yakni, wacana untuk membuka kembali KA jarak menengah dengan rute Jombang-Yogyakarta.

“Saat ini masih dalam tahap diusulkan ke pusat untuk disetujui,” tutur Vice President PT KAI Daop 7 Madiun Wisnu Pramudyo dalam kegiatan Silaturahmi dan Tasyakuran PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun dengan “Railfans” di Madiun beberapa waktu lalu.

Menurut Wisnu, wacana tersebut mengemuka setelah pihaknya mengevaluasi pengoperasian KA Mantab ekstra Lebaran. Okupansi kereta tersebut selalu penuh. Bahkan, pengoperasiannya diperpanjang karena animo masyarakat sangat tinggi.

Lebih lanjut, Wisnu mengatakan, sebelumnya di Daop 7 Madiun juga ada kereta yang melayani rute jarak pendek. Seperti KA Madiun Jaya relasi Madiun-Yogyakarta. Atau, kereta relasi Madiun-Surabaya. ‘’Untuk KA jarak menengah ini kami tambah rutenya untuk mengakomodasi penumpang dari stasiun lain,’’ imbuhnya.

Baca juga:   Rela Panas-Panasan Demi Tukar Angpau Untuk Lebaran

Wisnu mengungkapkan, rute Jombang-Yogyakarta dipilih karena banyak diminati oleh warga Madiun, Jombang, dan sekitarnya. Daop 7 juga sengaja tidak membuka kereta relasi Surabaya-Yogyakarta karena sudah terakomodasi oleh KA regular jarak jauh seperti Sancaka atau Bima.

Wisnu menambahkan, saat ini KA jarak menengah yang sedang diusulkan tersebut belum memiliki nama. Meski begitu, besar harapan Daop 7 Madiun agar wacana ini terealisasi. Bahkan, mereka telah membentuk tim khusus yang melibatkan akademisi dan komunitas pencinta kereta api dalam upaya menghidupkan kembali KA jarak menengah.

“Sehingga, dapat meningkatkan pendapatan KAI di wilayah Daop 7 Madiun. Serta, dapat meningkatkan layanan transpotasi KA untuk masyarakat di wilayah Daop Madiun,” imbuhnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019