Tangis Haru Keluarga Calon Jama’ah Haji, Lepas CJH Ke Tanah Suci

MADIUN- Suasana haru benar-benar terasa di sekitar halaman Wisma Haji Kota Madiun pada Sabtu (6/7). Ratusan keluarga calon jema’ah haji (cjh) berkumpul bersama melepas keberangkatan sanak famili untuk menunaikan rukun Islam ke lima itu.

Pelukan silih berganti, itupun tak lepas dari linangan air mata yang pecah saat melihat keluarganya melambaikan tangan menuju ke bus keberangkatan.
Seperti yang dirasakan Susan, warga Jl Kusuma Sari Rejomulyo yang mengantarkan ibunya Sudasih (71) untuk berangkat menjalankan ibadah haji ke tanah suci.

“Gak bisa diungkapkan, perasaannya campur aduk. Salut dan terharu, ibu daftar sudah sejak akhir 2010 lalu. Berangkat sendiri ke tanah suci, semoga semua lancar,” ujarnya dengan mata berkaca-kaca.

Susan mengatakan, ibunya yang sudah berusia lanjut itu sangat antusias mengikuti tiap tahapan untuk melakukan ibadah haji. Seperti mengikuti manasik haji dan mempersiapkan kondisi fisik lainnya, seperti berolahraga tiap hari.

“Dasarnya ibu itu meskipun sudah umur tapi masih lincah. Saya berharap disana ibu tetap sehat, ibadahnya lancar, dan bisa pulang dengan selamat,” ungkapnya.

Senada dengan pernyataan di atas, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Madiun Drs. Munir mengimbau kepada seluruh calon jama’ah haji untuk tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Pasalnya, kondisi cuaca di tanah suci berbeda jauh dengan di Indonesia.

Baca juga:   Sukseskan Milenial Road Safety Festival, Polisi Gencar Sosialisasi

” Selalu menjaga kesehatan. Disana suhu cukup panas, banyak minum air putih, jangan terlalu banyak ke luar ruangan kecuali untuk ibadah,” paparnya seusai melepas keberangkatan calon jama’ah haji.

Lebih lanjut, Munir mengatakan, terdapat empat jama’ah yang menggunakan kursi roda. Namun dirinya menjamin kondisi tersebut tidak menghalangi untuk melakukan ibadah haji.

” Alhamdulillah ada pendamping dan tidak begitu parah. Mereka ada kondisinya ada yang habis jatuh dan stroke. Saya harap teman- teman satu rombongan bisa mendampingi dan mengatasi. Semoga bisa kembali ke tanah air, menjadi haji mabrur,” tandasnya.
(WS hendro/rama/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#tolakpitacukaiilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019