Sabet 14 Medali, Atlet Ju Jitsu Kota Madiun Berpotensi Jadi Andalan

GRESIK – Pertandingan untuk cabang olahraga (cabor) eksebisi Ju Jitsu dalam Porprov VI Jatim 2019 telah usai. Meski hanya mengirimkan 10 atlet, kontingen Kota Madiun rupanya mampu menunjukkan taringnya. Bahkan, berhasil meraih 14 medali.

Pelatih Ju Jitsu Kontingen Madiun Mohamad Ibnu Nugroho menjelaskan bahwa 14 medali tersebut terdiri atas 7 emas, 2 perak, dan 5 perunggu. “Ini di luar prediksi. Sebelumnya kami targetkan bawa pulang 5 medali emas,” tuturnya saat diwawancarai setelah pertandingan di GOR Tennis Indoor PT Semen Gresik, Senin (8/7).

Dalam pertandingan kali ini ada tiga kategori yang diikuti oleh peserta. Yaitu Newaza untuk jenis pertandingan yang mengadu ketangkasan peserta dalam mengunci dan menjatuhkan lawan.

Kemudian ada Fight System yang terdiri atas teknik tendangan, pukulan, kuncian, dan menjatuhkan lawan. Selain itu ada Show System sebagai peragaan seni Ju Jitsu yang ditampilkan sebaik mungkin oleh peserta. “Atlet kami rata-rata ikut dua kategori,” ungkapnya.

Baca juga:   Kejurkot PBSI Datang, Siap Jaring Bibit-bibit Handal

Ibnu pun mengaku bangga dengan pencapaian anak didiknya. Harapannya, mereka dapat meningkatkan prestasi ke level yang lebih tinggi. Tidak hanya nasional, tapi juga internasional.

Sementara itu, pelatih Ju Jitsu Kota Madiun Deni Juansah juga menyatakan hal serupa. Meski begitu, Deni menuturkan bahwa ada hal-hal yang perlu dievaluasi agar ke depannya menjadi lebih baik. “Khususnya bagi atlet yang masih anak-anak. Seringkali tidak fokus saat bertanding,” ujarnya.

Menurut Deni, kurang fokusnya pemain salah satunya dikarenakan mereka mengikuti dua kategori sekaligus. Karena itu, dia berharap ke depan semakin banyak atlet potensial dari Kota Madiun yang dapat mengikuti pertandingan per kategori. “Sehingga lebih spesifik saat bertanding,” imbuhnya.

Meski begitu, Deni tetap berbangga. Apalagi, Kontingen Kota Madiun mampu bersaing dengan Blitar yang selama ini menjadi acuan Ju Jitsu di Jatim. “Ini pencapaian yang terbaik selama ini,” tandasnya. (Farid/irs/ayu/madiuntoday)