Teken Kerja Sama dengan BSSN, Kota Madiun Segera Terapkan Tanda Tangan Elektronik

JAKARTA – Proses perizinan dan surat-menyurat di Kota Madiun bakal lebih cepat ke depan. Pasalnya, urusan surat-menyurat di kota pecel akan beralih ke elektronik. Berbagai persiapan yang menunjang kesana mulai dilakukan. Salah satunya, penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) terkait pemanfaatan sertifikat elektronik dilakukan Pemerintah Kota Madiun dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di Jakarta, Selasa (9/7). Pemkot Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat akan mendapat pendampingan BSSN terkait mekanisme pelaksanaan sertifikat elektronik tersebut.

Sekda Kota Madiun Rusdiyanto yang mendampingi perjanjian kerja itu menyebut pelaksanaan tanda tangan eletronik merupakan satu terobosan luar biasa. Hal itu bakal memberikan kemudahan dalam pelayanan kepada masyarakat. Salah satunya, urusan perizinan. Sekda menyebut proses perizinan seringkali terkendala belum tertandatanganinya dokumen. Biasanya, lantaran pimpinan yang sedang tidak berada ditempat. Nah, hal ini dipastikan tidak akan terjadi ke depan. Sebab, pimpinan dapat melakukan penandatangan kapan dan dimana saja.

‘’Jadi tidak tergantung pejabat harus menandatangi di balik meja. Semua proses bisa semakin cepat nanti,’’ ungkapnya.

Selain itu, sistem juga memudahkan pejabat terkait. Pejabat biasanya tidak dapat pergi kemana-mana saat berkas yang ditandatangani cukup banyak. Padahal, banyak kegiatan penting lain. Sekda menyebut sistem ini secara perlahan juga akan dikembangkan ke dokumen-dokumen lain. Seperti, Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) yang juga akan berbasis elektronik. SPPD ini penting sebagai dasar pejabat melakukan dinas luar. Ini bisa menghambat padahal kegiatan tidak dapat ditunda.

Baca juga:   Forum Anak Siap Wadahi Aspirasi Pemuda Kota Madiun

‘’Sekarang ini eranya serba cepat. Pastinya akan ketinggalan jika tetap dengan ritme yang lama. Prinsipnya Pemkot terus berupaya meningkatkan pelayanan,’’ ungkapnya sembari menyebut juga akan berkonsultasi dengan Otoritas Jasa Keungan (OJK).

Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun Subakri menyebut pelaksanaan surat elektronik merupakan salah satu langkah menuju smart city. Seperti diketahui, Kota Madiun memang tengah menuju konsep kota pintar tersebut. Dia berharap pendampingan dan bimbingan dari BSSN dapat mempermudah dan mempercepat pelaksanaan surat elektronik di Kota Madiun.

‘’Kota Madiun layaknya daerah lain pastinya ingin terus berkembang. Dinas Kominfo berkomitmen untuk terus melakukan perubahan demi peningkatan pelayanan kepada masyarakat tersebut,’’ ujarnya. (dhevit/agi/diskominfo)