MADIUN – Upaya wujudkan Smart City di Kota Madin terus dilakukan pemerintah setempat. Tujuannya, memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat. Berbagai inovasi lahir untuk mengimbangi harapan masyarakat Kota Madiun yang semakin cerdas. Salah satunya di bidang pelayanan adminitrasi kependudukan. Terkini, masyarakat tak harus datang ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat untuk menggurus dokumen kependudukan. Semua bisa dilakukan masyarakat dari rumah sambil melakukan aktivitas sehari-hari.

“Disdukcapil Kota Madiun sudah canangkan Dukcapil Go Digital. Yakni, pelayanan 24 jam yang bisa diakses secara online,” kata Walikota Madiun Maidi usai sosialisasikan berbagai inovasi dari Disdukcapil di JTV Madiun, Rabu (10/7).

Sosialisasi ini dirasa penting. Walikota Madiun menambahkan program Pemkot tak akan berjalan tanpa didukung 210.235 jiwa penduduk masyarakat Kota Madiun. Apalagi masyarakat Kota Madiun semakin sadar pentingnya dokumen kependudukan. Diharapkan masyarakat proaktif untuk mengikuti program-program Pemkot Madiun.

Baca juga:   Tensi Pembangunan Fisik Diturunkan

Ditahun ini, Disdukcapil Kota Madiun menelurkan kembali beberapa inovasi. Di antaranya, layanan Catat dan Informasikan Peristiwa Kelahiran Anak Anda melalui WA (Cintailah Ananda) dan Petugas Adminduk Berkunjung Ke Rumah Masyarakat Kota Madiun Bahagia (Gadjah Mada). Dengan inovasi tersebut diharap semakin memudahkan masyarakat untuk mengurus dokumen kependudukan.

“Tidak perlu datang cukup menghubungi nomor admindukcapil yang sudah disosialisasikan di kelurahan,” terangnya sembari menyebut masyarakat juga dapat menghubungi nomor 0822 6449 9946.

Dengan kemudahan untuk mengurus dokumen kependudukan, diharapkan masyarakat semakin sadar pentingnya dokumen kependudukan. Ini penting sebagai modal perencanaan pembangunan Kota Madiun ke depan. Harapannya, pelaksanaan pembangunan semakin tepat sasaran.

“Jika data kependudukan tidak akurat, berpengaruh pada proses dan hasil pembangunan,” pungkasnya. (devit/adit/diskominfo)