Perbanyak Taman Lansia Agar Warga Tua Makin Sejahtera

MADIUN – Lansia juga bagian dari masyarakat. Mereka juga berhak mendapat perhatian. Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana setempat getol memberikan kegiatan sebagai wujud perhatian kepada kaum lanjut usia tersebut. Mulai senam bersama, cek kesehatan, hingga pemberian makanan sehat dan tepat gizi. Ke depan, pemerintah berencana membangun lebih banyak taman lansia sebagai sarana hiburan bagi warga sepuh tersebut.

‘’Lansia tidak boleh banyak pikiran. Apalagi (pikiran) yang berat-berat. Harus seneng terus,’’ kata Walikota Madiun Maidi saat pemantapan kader lansia dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan lansia di Asrama Haji, Rabu (10/7).

Saat pikiran senang, kata walikota, aliran darah menjadi lebih lancar. Sirkulasi darah yang baik dalam tubuh dapat berdampak baik pula bagi kesehatan. Begitu pula sebaliknya. Terlalu banyak pikiran akan membuat stress. Saat stress sirkulasi tubuh jadi kurang lancar. Hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan lansia karena kondisi fisik yang sudah semakin kurang fit. Walikota mengisntruksikan agar kegiatan yang menyenangkan bagi warga lansia ditambah.

‘’Kegiatan posyandu saya minta lebih ditingkatkan. Karena hiburannya warga lansia cuma itu. Saat mereka senang, kesehatan juga akan baik,’’ imbuhnya.

Baca juga:   Tol Munculkan Daerah Penyangga Baru

Berbagai program pendukung juga akan dilaksanakan. Salah satunya, taman lansia di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. Fungsi taman tersebut memang akan ditingkatkan. Tidak hanya taman olahraga, tetapi juga taman hiburan, seni, dan tempat jual-beli. Di sana juga akan ditambahkan taman seribu bunga. Walikota juga berencana menambahkan fasilitas untuk lansia. Harapannya, lansia dapat berkegiatan juga di sana. Selain itu, Pemkot juga berencana membangun sentra kuliner mulai simpang lima Jalan Thamrin hingga Jalan Flores melewati kawasan Perhutani.

‘’Tempatnya nanti dibuat nyaman. Pokoknya, Lansia dapat ikut jalan-jalan dan melepas penat di sana,’’ ungkapnya.

Walikota menambahkan sejumlah kebijakan Pemkot ini terbukti berdampak baik bagi kesehatan masyarakat khususnya lansia. Paling tidak, Angka Harapan Hidup masyarakat Kota Madiun mencapai 72,54 tahun saat ini. Artinya, usia masyarakat Kota Madiun dapat mencapai 72 tahun lebih. Hal ini tentu wajib terus ditingkatkan.

‘’Soal usia memang kehendak yang di Atas, tetapi paling tidak kita terus berupaya memberikan yang terbaik agar mereka selalu sehat,’’ ujarnya sembari berpesan kepada kader lansia untuk meningkatkan kesabaran dalam melayani. (ws hendro/agi/diskominfo)