Bekali Keterampilan Warga, Disnaker Gelar Pelatihan Operator Komputer

MADIUN – Angka pengangguran di Kota Madiun semakin berkurang setiap tahunnya. Hal ini tak lepas dari upaya Pemkot Madiun melalui Dinas Tenaga Kerja untuk menyediakan sarana untuk memenuhi kebutuhan pencari kerja. Tak hanya lowongan pekerjaan, tapi juga pelatihan sebagai bekal keterampilan.

Salah satunya seperti pelatihan operator komputer yang terlaksana di Magistra Utama mulai Kamis (11/7). 40 warga Kota Madiun mengikuti pelatihan tersebut. Selama 12 hari mereka akan mempelajari ilmu dasar komputer. Yakni, Microsoft Word, Power Point, dan Excel.

‘’Program ini gratis dari Pemkot Madiun. Karena itu kami berharap tidak ada peserta yang izin selama masa pelatihan,’’ tutur Kabid Tenaga Kerja Disnaker Kota Madiun Varda Yuniati.

Menurut Varda, tahun ini Disnaker menyediakan 19 pelatihan dengan beragam keterampilan. Selain operator komputer juga ada internet marketing, pelatihan mengemudi, bengkel las, hingga menjahit dan salon.

Jenis-jenis pelatihan di Disnaker terlaksana atas usulan masyarakat dalam musyawarah rencana pembangunan (musrenbang) tahun sebelumnya. Jika peminatnya banyak, maka pelatihan tersebut akan diadakan.

Baca juga:   Kisah Sri Wuryanti, Pengrajin Rajut Jempolan Asal Kota Madiun

Sementara itu, perwakilan Magistra Utama Suratno menjelaskan bahwa pelatihan akan berlangsung sekitar 5 jam per hari. Peserta akan dibagi menjadi dua shift. Yakni, pagi dan sore. Pelatihan dilaksanakan pada hari Senin hingga Sabtu. ‘’Waktu pelatihannya cukup singkat. Maka dari itu, ayo dimanfaatkan dengan baik,’’ tuturnya kepada peserta.

Suratno menambahkan, pelatihan ini bisa menjadi bekal keterampilan peserta. Khususnya, di bidang komputer. Tak hanya sebagai bekal untuk mendaftar pekerjaan saja. Tapi, juga dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha. (irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019