Pelatihan Internet Marketing Ada Lagi, Disnaker Harap Pelaku UMKM Kian Sejahtera

MADIUN- Setelah pada November tahun lalu pelatihan keterampilan kerja bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) digelar oleh Dinas Tenaga Kerja. Kali ini, pelatihan serupa diadakan kembali dengan target peserta yang sama.

Hal ini bertujuan untuk memberikan keterampilan dan pembekalan yang lebih kepada pelaku UMKM di Kota Madiun agar lebih memahami bagaimana cara memasarkan produk melalui internet atau online.

“Dari tahun ke tahun pesertanya beda, harapannya semakin banyak masyarakat Kota Madiun atau UMKM yang bisa memasarkan produk lewat online, tak hanya melalui pemasaran konvensional,” jelas Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Suyoto Harjo Wiyono saat pembukaan pelatihan internet marketing pada Jumat (12/7).

Pelatihan tersebut, kata dia, meliputi pengetahuan internet marketing dasar. Selanjutnya materi berupa fotografi, terutama tips dan trik mengambil gambar yang menarik. Karena pemasaran melalui internet yang dilihat pertama kali adalah tampilannya. Maka dari itu pelatihan mengenai fotografi penting dilakukan.

“Selain itu juga untuk mengantisipasi terkait revolusi industri 4.0. Kalau hanya mengandalkan pemasaran secara konvensional mereka tidak bisa berkembang usahanya,” ungkapnya.

Baca juga:   Disnaker Bekali Kemampuan Fotografi Bagi Pelaku IKM

Lebih lanjut Suyoto mengatakan, setelah menjalani pelatihan selama 12 hari. Pihaknya terus memantau perkembangan dari pelaku UMKM tersebut. Suyoto menjelaskan, pemantauan dilakukan melalui grup Whatsapp yang dibentuk selama pelatihan. Beranggotakan peserta dan pihak Disnaker.

“Darisana bisa dilihat mana yang berkembang dan mana yang pasif. Tapi hasil pelatihan selama tahun 2018, 95 persen mereka usahanya berkembang semua,” pungkasnya.

Suyoto berharap, melalui pelatihan semacam ini, para pelaku usaha kecil di Kota Madiun bisa bermetamorfosis menjadi pengusaha berskala besar dan bisa membuka peluang tenaga kerja baru. (dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019