Jelang Angkasa Yudha 2019, TNI AU Gelar Apel Persiapan Latihan

MADIUN – Deru pesawat jet tempur akan meramaikan langit Jawa Timur. Hal itu tak lain dikarenakan pelaksanaan latihan Angkasa Yudha 2019. Latihan terbesar TNI Angkatan Udara itu akan mulai sejak Selasa (16/7).

Mengawali kegiatan tersebut, prajurit TNI AU menggelar apel kesiapan latihan di Lanud Iswahjudi, Senin (15/7). Berlangsung mulai pukul 08.00, apel kesiapan latihan dipimpin langsung oleh Komandan Seskoau Marsda TNI Donny Ermawan Taufanto, M.D.S.

‘’latihan ini sangat penting karena merupakan latihan puncak,’’ tutur Donny saat diwawancarai setelah apel kesiapan latihan Angkasa Yudha 2019 di apron Lanud Iswahjudi.

Menurut Donny, TNI AU menggunakan istilah latihan bertahap, bertindak, dan berlanjut. Proses latihan dimulai dari perorangan, satuan, antarsatuan, hingga puncaknya latihan bersama seluruh kekuatan TNI AU yang dinamakan Angkasa Yudha.

Ada tiga tahapan yang akan dilalui setiap peserta. Mulai dari tahap gladi posko, manuver lapangan, dan diakhiri dengan latihan fire power demo. ‘’Seluruh latihan ini tujuannya untuk menguji kemampuan kami. Seberapa tingkat kemampuan kami dalam melaksanakan tugas negara,’’ terang Donny.

Lebih lanjut, pria kelahiran Surakarta itu menjelaskan bahwa jumlah personel yang terlibat mencapai 2.400 orang. Ditambah para personel pendukung. ‘’Latihan ini juga diikuti 18 skadron yang terdiri atas skadron tempur, transport, dan helicopter,’’ imbuhnya. TNI AU juga melibatkan alutsista dan pesawat termpur canggih mereka.

Baca juga:   Hari Terakhir AYU 2019, 32 Pesawat Tempur Penuhi Langit Jatim

Dengan latihan gabungan ini, Donny berharap dapat memetakan kemampuan prajurit. Kemudian, menjadi bahan evaluasi untuk pelaksanaan latihan berikutnya. ‘’Dengan ini, kami tahu latihan mana saja yang harus ditingkatkan lagi,’’ ucapnya.

Latihan Angkasa Yudha 2019 akan berlangsung pada 16-19 Juli 2019. Selain di Lanud Iswahjudi, kegiatan ini juga akan menggunakan pangkalan Lanud Abdulrahman Saleh di Malang dan Lanud Muljono di Surabaya. ‘’Kegiatan ini berlangsung satu tahun sekali dan sebagai salah satu persiapan menuju latihan gabungan TNI September mendatang,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019