Wajah Baru CFD, Sunday Market Bakal Lebih Wadahi Pedagang Buka Lapak Lebih Layak

MADIUN- Car free day (CFD) yang selama ini berlokasi di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Madiun, sebentar lagi akan berganti rupa. Pemkot Madiun telah menyiapkan Taman Lalu Lintas Bantaran untuk menampung ratusan pedagang yang biasa menjajakan produknya di event mingguan tersebut.

Rencananya 4 Agustus nanti, para pedagang sudah harus pindah ke tempat barunya. Hal ini seperti yang diungkapkan Walikota Madiun Maidi, menurutnya kondisi cfd yang sekarang ada sudah overload, dengan jumlah pedagang lebih dari 900 orang.

“Indikasi overload karena jumlah pedagang lebih dari 900 sekian, ini bukan CFD lagi. Hanya dua jam menghasilkan sampah yang luar biasa. Tetapi ekonomi kreatif berjalan disana,” jelasnya saat meninjau lokasi Taman Lalu Lintas Bantaran bersama anggota Paguyuban Pedagang CFD, Senin (15/7).

Maka dari itu, untuk tetap mewadahi para pedagang agar tetap mengembangkan ekonomi kreatif yang dimiliki dan menekan munculnya gejolak sosial akibat CFD yang tidak sesuai dengan keinginan, Pemkot Madiun merelokasi CFD ke taman yang berada di Jalan Ahmad Yani.

“Untuk kota ini, dengan banyak pedagang yang seperti itu, maka kita bawa ke bantaran yang panjangnya kurang lebih dua kilo. Dari pagi sampai jam 12 bisa buka, orang luar Kota Madiun bisa datang. Dengan kondisi ini, pedagang bisa sejahtera ini yang kita harapkan,” ungkapnya.

Baca juga:   Dapat Sumbangan Ambulan dari PT INKA, Walikota Harap Hanya untuk Jaga-Jaga

Terkait registrasi pedagang dan kemungkinan pedagang baru yang masuk berjualan di Sunday Market, Walikota tegas mengatakan, para pedagang sudah memiliki paguyuban yang memiliki masalah lokasi berjualan. Selain itu juga ada paguyuban yang mengurus mengenai keamanan dan parkir.

“Ada satgas yang akan mengurus keamanan, ketertiban, dan parkir. Mereka akan berkeliling dan menindak tegas pelanggaran yang ada. Terkait pedagang baru, sementara yang sudah terinventarisasi. Nantinya dilihat dari kelompok pedagang apa. Kalau masih ada tempat silahkan berjualan,” tandasnya. (WS Hendro/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019