Walikota Bakal Blacklist Pedagang Sunday Market Yang Buang Sampah Sembarang

MADIUN- Dipindahnya para pedagang Car Free Day ke Taman Lalu Lintas Bantaran, yang letaknya berada di sepanjang sungai bantaran, nampaknya menimbulkan kekhawatiran tersendiri di hati masyarakat, terutama  masalah kebersihan dan sampah.

Menanggapi hal tersebut Walikota Madiun Maidi, secara tegas mengatakan akan menindak oknum-oknum yang dengan sengaja membuang sampah sembarangan di area sunday market. Walikota mengatakan, syarat utama pedagang direlokasi adalah harus tertib dan menjaga kebersihan.

“Habis jualan sampah tidak ada. Apabila tempat yang sudah ada namanya, saat pulang seolah-olah tidak tau ada sampah. Kita foto jreet, minggu depan sudah tidak boleh jualan disitu. Langsung kita blacklist,” tegas mantan Sekda Kota Madiun itu.

Lebih lanjut, Walikota mengatakan, untuk mengantisipasi limbah yang muncul setelah adanya kegiatan sunday market, orang nomor satu di Kota Madiun itu telah menginstruksikan kepada dinas terkait, yaitu Dinas Perdagangan dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk mengelola limbah.

“Sunday market diharap bisa jadi percontohan. Untuk limbah ada truk langsung dibuang ke sampah. Saya mau bersih tidak ada sampah satupun,” ujarnya.

Baca juga:   Pantau Langsung Persiapan Pemilu, Walikota Harap Pemilu Di Kota Madiun Berjalan Kondusif

Kepala Dinas Perdagangan Gaguk Hariyono menjelaskan, terkait pengelolaan sampah, pihaknya akan menyiapkan kontainer yang dapat langsung membawa sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA).

“Kontainer kita menyesuaikan butuhnya berapa, nanti akan kami tempatkan disini. Pokoknya kita kerja bareng-bareng,” ungkapnya saat kerja bakti di kawasan sungai bantaran pada Selasa (16/7).

Menanggapi limbah sampah yang akan dibuang ke sungai, Gaguk mengatakan, dinasnya telah berkoordinasi dengan DLH dan BPBD Kota Madiun untuk membersihkan sungai agar sedap dipandang dan kedepan dapat dijadikan wisata air.

“Kerja bakti ini melibatkan 60 personil dari dinas perdagangan dan 30 dari BPBD. Harapannya kalau kawasan ini bersih, sungai dibuat bersih, masyarakat jadi sungkan untuk buang sampah sembarangan,” tandasnya.
(rama/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019