Ajang Tambah Ilmu Dan Pacu SDM Bermutu, Disnaker Mulai Pelatihan Merajut Bagi Masyarakat

MADIUN- Serangkaian pelatihan ketrampilan kerja melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun tengah berlangsung. Diantaranya mulai dari pelatihan menjahit, mengoperasikan komputer, internet marketing, hingga merajut, dilangsungkan dalam bulan Juni hingga Juli ini.

Seperti yang terlihat pada Kamis (18/7). Terlihat puluhan ibu-ibu berkumpul di salah satu sudut ruangan milik pengrajin di Kota Madiun. Mereka tengah asyik merajut benang wol yang dikaitkan ke jarum, satu per satu tahapan dilaksanakan dengan telaten. Ya, merajut memang membutuhkan ketelatenan tersendiri.

Maka dari itu pelatihan merajut dari Disnaker ini banyak diminati oleh ibu-ibu. Hal ini diamini oleh Kepala Disnaker Suyoto, dirinya mengatakan merajut merupakan sebuah ketrampilan yang membutuhkan ketelatenan dan ini dimiliki oleh para ibu-ibu.

“Tahap pertama ada dua kelas, ini kelas pertama. Pesertanya 20 orang hasil Musrenbang 2018 lalu. Karena ini jenis pelatihan tingkat dasar, harapannya mereka tetap produktif merajut dan bisa menghasilkan produk,” ujar Suyoto saat membuka acara pelatihan.

Senada dengan hal tersebut, Sriyatun salah seorang peserta kelas pelatihan merajut mengatakan dirinya antusias untuk mengikuti kegiatan pelatihan tersebut. Pasalnya melalui kegiatan ini dirinya bisa lebih mengasah kemampuannya untuk merajut.

Baca juga:   Safari Tarawih Masjid Al-Kamal Jadi Ajang Religi Sekaligus Evaluasi Permasalahan Sosial

“Dulu pernah merajut, lama nggak dipraktekkan lupa. Darisini bisa diasah lagi ketrampilannya. Apalagi saya sudah pensiun, pelatihan ini sekaligus menghilangkan kejenuhan,” jelasnya.

Perempuan yang tinggal di Kelurahan Kanigoro ini mengatakan saat selesai pelatihan ini, dirinya harus mampu menghasilkan satu jenis barang rajutan. “Saya mau buat tas. Sehabis dari sini semoga saya bisa jualan bahan-bahan ketrampilan dari rajut,” ungkapnya.

Pelatihan merajut yang baru dilaksanakan pertama kalinya ini, rencananya akan berlangsung selama 12 hari dan setiap pelatihan memakan waktu selama lima jam. (Dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019