Tingkatkan Kesadaran Tentang Parkir, Dishub Gandeng Masyarakat Bantu Sosialisasi

Di Posting Oleh madiuntoday

18 Juli 2019

MADIUN – Kesadaran masyarakat akan aturan parkir perlu terus ditingkatkan. Sosialisasi terkait aturan parkir terus dilakukan Pemerintah Kota Madiun melalui Dinas Perhubungan setempat. Seperti yang terlihat di sejumlah ruas jalan di Kota Madiun, Kamis (18/7). Bedanya, sosialisasi bukan hanya dari petugas Dishub. Namun, juga melibatkan masyarakat itu sendiri.

Forum Musyawarah Keselamatan Jalan Kota Madiun dibentuk. Forum yang beranggotakan dari masyarakat tersebut sengaja dilibatkan untuk turut menyadarkan masyarakat yang lain. Harapannya, sosialisasi semakin mengena. Budaya tertib aturan khususnya dalam bidang parkir juga semakin meningkat.

‘’Dengan melibatkan masyarakat, kami berharap sosialisasi semakin efektif dan cepat tersampaikan,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun Ansar Rasidi.

Anggota forum disebar kesejumlah titik. Kendaraan yang terparkir bukan pada tempatnya langsung didatangi. Mulai di trotoar, tepi jalan bukan titik parkir, tikungan jalan, dan lain sebagainya. Sosialisasi diberikan kepada pemilik kendaraan yang melanggar. Kendaraan yang ditinggalkan sementara ditempeli stiker peringatan. Harapannya, pemilik mengetahuinya.

‘’Ini sifatnya masih sosialiasi. Belum penindakan. Harapannya, masyarakat sudah tertib terlebih dahulu sebelum penindakan kami lakukan,’’ imbuhnya.

Anggota forum, kata Ansar, juga akan mensosialisasikan kepada masyarakat di lingkungan masing-masing. Ini dinilai cukup efektif. Sebab, anggota forum berasal dari 27 kelurahan. Mereka memiliki tanggung jawab untuk turut berperan mencerdaskan masyarakat. Terutama dalam hal ketentuan parkir. Ansar menyebut parkir yang tertib juga berdampak kepada keselamatan berkendara di jalan raya.

‘’Bayangkan ada yang parkir di tikungan. Kemudian ada kendaraan yang menyenggol dan terjatuh. Parkir bukan perkara menaruh kendaraan. Tetapi harus diperhatikan aturannya agar tidak menimbulkan masalah,’’ pungkasnya. (rahmad/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019

Artikel Terkait

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

MADIUN – Penyesuaian akses lalu lintas di Kota Madiun terus dilakukan. Rapat koordinasi (Rakor) terkait akses lalu lintas dari dan ke Kota Pendekar kembali digelar, Sabtu (4/4). Bertempat di Dinas Perhubungan Kota Madiun, Rakor menghasilkan sejumlah kebijakan baru....

Don`t copy text!