Tinjau Proyek Rintisan Jalan Kalisono II, Walikota Kebut Pencegahan Banjir Tawangrejo

MADIUN – Walikota Madiun Maidi terus mengejar proyek penanganan banjir. Terutama, di daerah Tawangrejo. Upaya itu salah satunya dilakukan dengan memperkuat plengsengan Sungai Kalisono melalui pemasangan sheet pile sedalam 15 meter dan L-Gutter.

Untuk memastikan proyek berjalan baik, Walikota pun melaksanakan peninjauan lapangan bersama Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR), Kamis (18/7).

Dalam kesempatan itu, Walikota menuturkan bahwa pemasangan sheet pile sedalam 15 meter bertujuan untuk memperkuat sungai. Sehingga ketika terjadi tekanan air yang kuat, tidak akan menggeser plengsengan.

Kemudian untuk mencegah air dari Kalisono meluber ke pemukiman warga, Walikota menaikkan tembok sungai hingga 1 meter. Hal ini diharapkan mampu mencegah terjadinya banjir yang seringkali terjadi di daerah Tawangrejo tatkala musim hujan tiba.

Pemasangan sheet pile tahap pertama, lanjut Walikota, dilakukan hingga sepanjang 1,83 kilometer. Saat ini progres pengerjaannya mencapai 23 persen. Walikota berharap, proyek ini bisa selesai sebelum musim hujan tiba.

Baca juga:   Miliki Enam Tatanan, Kota Madiun Buka Peluang Raih Kota Sehat Tingkat Wistara

“Tatkala September musim hujan, kita sudah bisa melakukan tes terhadap proyek ini,” imbuhnya.

Tak hanya pencegahan banjir, lokasi tersebut nantinya juga akan dirintis sebagai Jalan Ring Road Timur (JRRT). Maka dari itu dengan infrastruktur yang mumpuni, diharapkan dapat meningkatkan nilai jual dan ekonomi Tawangrejo. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019