Launching Kota Sejuta Bunga, Pemkot Perbanyak Ruang Rekreasi Bagi Masyarakat

MADIUN – Kota Madiun sejuta bunga rupanya bukan sekadar tagline. Pemkot Madiun benar-benar mewujudkannya. Hal inipun ditandai dengan launching Kota Sejuta Bunga di Taman Lalu Lintas Bantaran Jalan Ahmad Yani Kota Madiun, Jumat (19/7).

Bersama pejabat di lingkungan Pemkot Madiun, pimpinan DPRD, dan Forpimda, Walikota Madiun Maidi memulai kegiatan menanam bunga di area Taman Bantaran. Tepatnya, di tepi Jalan Ahmad Yani sisi Utara. ‘’Bunga ini sebagai simbol Kota Madiun yang bersih dan indah,’’ tutur Walikota dalam sambutannya.

Tak hanya sebagai cara mempercantik wajah kota, taman-taman bunga ini nantinya dapat difungsikan sebagai lokasi wisata baru. Walikota berharap, masyarakat dalam maupun luar kota akan sering berkunjung ke taman bunga yang ada di Kota Madiun. Misalnya untuk berfoto atau sekadar menikmati keindahannya.

Untuk semakin membuat nyaman pengunjung, pemkot juga menyediakan gazebo yang dapat digunakan untuk beristirahat. Ke depan, berbagai pengembangan akan dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung. Salah satunya, dengan menyediakan penjual makanan atau minuman.

Baca juga:   Memasyarakatkan Olahraga, Walikota Ajak Masyarakat Bugar dalam KMFR

Sebagai awal upaya pengembangan kota sejuta bunga, Walikota memanfaatkan tanaman yang mudah penanaman maupun perawatannya. Misalnya, seperti Soka dan Bougenville yang tahan terhadap panas matahari.

Tak hanya taman di area Kali Bantaran saja, ke depan penanaman bunga juga akan dilakukan di lokasi-lokasi lain. Salah satunya seperti di Embung Pilangbango dan taman di depan Kecamatan Taman. ‘’Ke depan, setiap kecamatan akan menjadi kota kedua. Jadi, masyarakat punya banyak pilihan untuk rekreasi yang mudah dan murah,’’ paparnya.

Selain bunga, sarana rekreasi yang sedang dikembangkan oleh pemkot adalah wisata air dengan memanfaatkan sungai-sungai di Kota Madiun. Dalam hal ini, pemkot berupaya menyediakan perahu-perahu untuk mendukung fasilitas tersebut. (WS Hendro/irs/diskominfo)