100 Pendekar Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha Siap Ramaikan Pembukaan Festival Seni Pencak Silat Nusantara

Di Posting Oleh madiuntoday

24 Juli 2019

MADIUN – Pembukaan Festival Seni Pencak Silat Nusantara (SPSN) ke-II dipastikan berlangsung meriah, Kamis (25/7) besok malam. Selain Menpora Imam Nahrawi yang dijadwalkan hadir, pembukaan juga akan diisi kegiatan pendekar-pendekar dari prajurit TNI. Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) Lintas Udara Para Raider 501/Bajra Yudha juga dijadwalkan mengisi pembukaan SPSN di Alun-alun Kota Madiun tersebut.

Sebanyak 100 pendekar dari TNI bakal mengisi pembukaan dengan membawakan Seni Pencak Silat Nusantara. Gerakannya merupakan perpaduan dari jurus-jurus pencak silat yang ada di tanah air. Begitu juga dengan jurus dari perguruan di Kota Madiun. Kota Pecel memiliki sebelas perguruan yang tergabung di Paguyuban Pencak Silat. Setiap perguruan memiliki ciri khas masing-masing. Nah, setiap gerakan yang menunjukkan perguruan ini diambil untuk kemudian dipadukan dengan gerakan dari perguruan lain.

‘’Seperti diketahui, Yonif Para Raider 501 menjadikan pencak silat sebagai salah satu bela diri resmi di sana. Nah, mereka siap menampilkan apa yang sudah dipelajari dan dilatih saat pembukaan nanti,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Madiun Agus Purwowidagdo, Rabu (24/7).

Yonif Para Raider 501, kata dia, tidak hanya menyuguhkan Pencak Silat Nusantara. Namun, juga atraksi pertempuran. Pun, aksi ini dibawakan pendekar-penderak TNI. Aksi pertempuran akan dibawakan sekitar 30 prajurit. Mereka akan memperagakan pertempuran jarak dekat. Tentu melalui gerakan-gerakan silat. Ini tentu menjadi hiburan tersendiri yang patut dilewatkan.

‘’Pembukaan rencananya dimulai pukul 18.30. Akan ada banyak kegiatan tersaji. Masyarakat harus datang melihat. Ini sayang dilewatkan,’’ ujarnya.

Seperti diberitakan, Pemerintah Kota Madiun melalui Disbudparpora setempat kembali menggelar Seni Pencak Silat Nusantara. Festival dalam rangkaian Hari Jadi ke-101 Kota Madiun itu dipastikan lebih meriah dibanding tahun lalu. Kegiatan tidak hanya diikuti dari pendekar tanah air. Namun, juga mancanegara. Rencananya, pendekar dari Amerika, Jepang, Canada, Malaysia, Singapura, Brunei, Timor Leste, Filiphina, dan Jerman turut hadir. Gelaran Festival SPSN dijadwalkan dua hari. Mulai Jumat 26 Juli hingga Sabtu 27 Juli nanti. Kegiatan akan berlangsung di Gor kawasan Stadion Wilis. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019

Artikel Terkait

Ketati Penerapan Protokol Covid-19, Walikota Berdayakan Linmas

Ketati Penerapan Protokol Covid-19, Walikota Berdayakan Linmas

MADIUN- Sesuai dengan peranannya, Linmas (perlindungan masyarakat) bertugas dan ikut serta dalam melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan...

Don`t copy text!