Disnaker Bekali Kemampuan Fotografi Bagi Pelaku IKM

MADIUN – Salah satu unsur penting dalam teknik pemasaran adalah gambar produk yang menarik. Untuk dapat menyediakannya, pelaku usaha tentu tak bisa asal memotret. Padahal, tidak semua pelaku usaha memiliki keahlian mengambil gambar dengan baik. Sehingga, memanfaatkan jasa foto yang tak murah tarifnya.

Untuk itu, Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun menggelar pelatihan khusus fotografi bagi para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM). Pelatihan tersebut diselenggarakan selama tiga hari. Yakni, pada 29-31 Juli 2019 dengan mendatangkan narasumber ahli. Yaitu, Ketua Harian APFI Pusat Rizal Imanullah.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun Suyoto Harjo Wiyono menuturkan, pelatihan hari pertama terselenggara di Aston Hotel Madiun. Kemudian, pada hari ketiga para peserta diajak mengunjungi industri besar di Kota Madiun. ‘’Pesertanya ada 20 orang,’’ tuturnya, Senin (29/7).

Pelatihan fotografi ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan oleh Disnaker. Khususnya, melalui Bidang Perindustrian. Sebelumnya, pendaftaran telah dibuka secara online melalui website maupun medsos Disnaker. ‘’Ini juga sebagai upaya menyongsong era revolusi digital,’’ imbuhnya.

Baca juga:   Pacu Ekonomi Kreatif, Puluhan Ibu-Ibu Kelurahan Kuncen dan Josenan Dilatih Berbisnis Kuliner

Menurut Suyoto, di era yang serba digital ini persaingan dagang semakin ketat. Salah satu sasaran pemasaran adalah melalui media online. Untuk dapat menarik minat pembeli, maka pelaku usaha membutuhkan tampilan produk yang menarik.

Karena itu, pelatihan ini bertujuan untuk membekali para pelaku IKM di Kota Madiun agar memiliki skill fotografi. Sehingga, mereka bisa mengetahui teknik pengambilan gambar yang baik dan benar. Serta, bisa mempromosikan produknya tanpa mengeluarkan biaya besar.

Melihat animo peserta, Suyoto optimis pelatihan ini bisa memberikan manfaat bagi pelaku IKM di Kota Madiun. Ke depan, pihaknya akan kembali mengadakan program serupa jika peminatnya bertambah. (Rahmad/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019