Sunday Market Mulai Minggu Nanti, Walikota Gelar Rapat di Lokasi

MADIUN – Sunday Market Kota Madiun bakal dimulai, Minggu (4/8) nanti. Acara opening dipastikan bakal seru lagi meriah. Berbagai acara mengemuka menyambut opening tersebut sejak, Kamis (1/8). Kegiatan, rencananya diresmikan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Walikota Madiun Maidi tidak ingin opening Sunday Market sekedarnya. Berbagai persiapan sudah dan terus dilakukan. Bahkan, walikota memimpin rapat koordinasi persiapan akhir Sunday Market tersebut langsung di Taman Lalu Lintas Kali Bantaran Madiun yang menjadi lokasi, Selasa (30/7). Seluruh OPD, instansi, dan masyarakat yang terlibat turut dalam rapat. Persiapan memang benar-benar dimatangkan. Hal itu wajar mengingat Sunday Market juga dijadikan percontohan di Jawa Timur.

‘’Ini menjadi percontohan di Jawa Timur. Makanya harus maksimal. Tidak boleh ada yang tidak disiplin,’’ kata walikota.

Pedagang yang tidak disiplin siap-siap hengkang. Salah satunya, terkait sampah. Lapak tempat berjualan akan foto sebelum dan sesudah. Mereka yang meninggalkan sampah di lapak akan langsung diblacklist. Lapak akan digunakan pedagang lain. Apalagi, ada ratusan pedagang dalam daftar tunggu. Terdapat 800 pedagang lebih dalam Sunday Market nanti. 300 lainnya masih dalam waiting list.

Baca juga:   Walikota Bakal Blacklist Pedagang Sunday Market Yang Buang Sampah Sembarang

‘’Kita semuanya pasti ingin Kota Madiun semakin baik. Masyarakat juga harus membantu. Mari kita tunjukkan Kota Madiun bisa,’’ imbuhnya.

Berbagai kegiatan bakal mengemuka sejak empat hari sebelumnya. Kamis (1/8) terdapat lomba mural dinding bantaran yang menghadap Jalan Ahmad Yani. Kegiatan ini berlangsung dua hari. Pemkot Madiun berencana menggelar doa bersama Kamis malamnya. Besok paginya langsung kerja bakti. Kerja bakti ini juga sebagai persiapan terakhir. Rencananya melibat TNI-Polri dan masyarakat.

‘’Setelah kerja bakti, malamnya juga ada yasinan dan temu wicara dengan warga. Akan ada banyak kegiatan. Masyarakat jangan sampai melewatkan,’’ jelasnya.

Kegiatan berlanjut, Sabtu (3/8) dengan musik akustik yang berlangsung sore dan pagelaran wayang kulit lokal pada malamnya. Serangkaian kegiatan itu untuk menyambut puncak acara Sunday Market, Minggu 4 Agustus nanti. (ws hendro/agi/diskominfo)