Kelurahan Pangongangan Gelar Pelatihan Membatik

MADIUN – Pelatihan keterampilan yang diselenggarakan dengan memanfaatkan dana kelurahan rupanya disambut antusias oleh masyarakat. Salah satunya, seperti pelatihan membatik yang dilaksanakan oleh Kelurahan Pangongangan di Sanggar Batik Murni mulai Kamis (1/8).

Irianti, salah seorang peserta, mengaku tertarik mengikuti pelatihan karena sebelumnya pernah mengikuti kegiatan serupa. ‘’Sekaligus untuk mengisi waktu,’’ ujar warga Jalan Dieng itu.

Perempuan paruh baya itu tidak sendirian. Ada 34 peserta lainnya yang turut menimba ilmu kepada pengrajin batik khas Madiun tersebut. Bahkan, tidak hanya perempuan. Di antaranya juga terdapat peserta laki-laki. Salah satunya adalah Karebet.

Pria yang sehari-harinya merupakan peternak lele itu juga tertarik mengikuti pelatihan membatik. ‘’Saya penasaran,’’ ungkapnya. Meski awalnya kesulitan, lama-lama Karebet bisa menguasai canting dan tintanya. Hingga, seluruh kain dapat dipenuhi oleh gambar batik yang unik.

Sementara itu, Plt Kasi Kesejahteraan Sosial Kelurahan Pangongangan Titi Rahayu mengatakan bahwa pelatihan tersebut diselenggarakan atas keinginan warga. Kemudian, setiap RT mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti pelatihan.

Baca juga:   Pelatihan Internet Marketing Ada Lagi, Disnaker Harap Pelaku UMKM Kian Sejahtera

‘’Kalau atas keinginan sendiri, warga akan lebih mudah dan senang mengikuti pelatihan,’’ terangnya.

Menurut Titi, pelatihan membatik akan dilaksanakan selama tiga hari. Harapannya, para peserta bisa mengikuti kegiatan tersebut dan mengambil manfaatnya untuk kepentingan mereka. ‘’Kalau bisa ada yang jadi pengusaha batik untuk meningkatkan kesejahteraannya,’’ imbuhnya.

Selain membatik, Kelurahan Pangongangan juga menyelenggarakan pelatihan lainnya dengan memanfaatkan dana kelurahan. Antara lain, pelatihan tata rias dasar dan tata rias pengantin. ‘’Harapannya, pelatihan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019