MADIUN – Suasana Idul Adha di Kota Madiun terasa meriah. Lantunan takbir menggema di seantero Kota Pendekar, Sabtu (10/8). Pemerintah Kota Madiun memfasilitasi masyarakat melalui takbir keliling. Menariknya, kegiatan juga dilombakan berhadiah jutaan rupiah.

Tak heran, masyarakat tampak antusias. Kegiatan kali ini diikuti ratusan peserta dengan 95 kendaraan roda empat. Takbir keliling memang menggunakan kendaraan bermotor. Peserta mulai dari organisasi Islam, instansi pemerintah, sekolah, hingga pondok pesantren. Walikota Madiun Maidi memberangkatkan peserta di depan Masjid Agung Baitul Hakim sekitar pukul 19.30. Walikota berharap kegiatan takbir keliling juga menjadi sarana meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

“Ini merupakan wujud syukur kepada Tuhan. Idul Adha harus disambut dengan suka cita. Semoga ini menjadi sarana mendekatkan diri kepada-Nya,” kata walikota.

Peserta tampil total. Kendaraan dihias sedemikian rupa. Peserta juga menggunakan seragam senada. Peralatan yang dibawa juga lengkap. Mulai sound system hingga alat musik rebana dan bedug. Itu wajar mengingat hal tersebut masuk penilaian. Mulai lantunan takbir, keindahan busana, dekorasi, hingga ketertiban berlalu lintas. Tak heran, juri dari pihak kepolisian juga dihadirkan selain dari Kemenag Kota Madiun tentunya. Pemenang akan mendapatkan tropi, piagam, dan uang pembinaan.

Baca juga:   Pemkot Gandeng BPSDM Provinsi Jatim Tingkatkan Kompetensi Pejabat Eselon IV

“Takbir keliling ini sebagai salah satu upaya meningkatkan nuansa religius di kota kita. Mari kita semarakkan dengan tetap menjaga ketertiban,” ujarnya.

Pemerintah Kota Madiun juga akan berkurban lima ekor sapi besok. Dagingnya akan dibagikan kepada sekitar tiga ribu masyarakat dari kaum dhuafa, anak yatim, stunting, hingga penyandang disabilitas. (ws hendro/agi/diskominfo).