Sambut Tamu FGD Tingkat Nasional, Walikota Harap Peningkatan Hortikultura di Madiun

MADIUN – Walikota Madiun Maidi beserta Sekretaris Daerah Kota Madiun Rusdiyanto dan kepala OPD di lingkungan Pemkot Madiun menyambut kedatangan tamu undangan yang akan menghadiri kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Pengembangan Hortikultura untuk Peningkatan Ekspor dan Ekonomi Daerah.

Penyambutan para tamu berlangsung di Kenikir Resto Madiun, Minggu (11/8), dengan jamuan makan malam. Hadir di antaranya Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono, Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Madiun Gatot Priyo Waspodo, serta beberapa kepala daerah dari berbagai wilayah di Indonesia.

FGD yang akan berlangsung di Aston Hotel Madiun pada Senin (12/8) tersebut membahas beragam hal terkait pengembangan ekonomi daerah. Khususnya, melalui peningkatan kualitas hortikultura. Serta, upaya masing-masing daerah untuk meningkatkan produksinya.

Kota Madiun meski bukan termasuk daerah penghasil hasil pertanian, tetap memiliki potensi dalam upaya pengembangan hortikultura. Apalagi, Walikota Madiun Maidi telah merancang sejumlah program untuk meningkatkan kualitas pertanian.

Salah satunya, dengan menggerakkan petani untuk menanam hasil pertanian selain padi. Misalnya, cabai, beras ketan, atau sayur-mayur lainnya. Hal itu juga seiring dengan program pemkot untuk membentuk kampung wisata pecel yang di dalamnya terdapat pula hasil-hasil pertanian yang berkualitas tinggi.

Baca juga:   Jatah Cumlaude Rekrutmen CPNS Untuk Instansi Umum, Ini Alasannya…

Upaya inipun turut didukung dengan konsep Smart City yang sedang dijalankan oleh Pemkot Madiun. Dengan keterlibatan teknologi yang tepat guna, diharapkan dapat semakin meningkatkan produk-produk pertanian dalam kota.

Selain itu dengan didukung partisipasi masyarakat, harapannya upaya pemkot ini dapat segera tercapai dan memberikan hasil yang terbaik. Sehingga, produk pertanian dari Kota Madiun dapat meningkat. Serta, hasilnya tak hanya dikenal di dalam negeri saja. Melainkan juga hingga ke mancanegara.

Selain sesmenko, kegiatan FGD juga akan dihadiri oleh deputi, asisten deputi, serta kepala biro perencanaan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Juga, 15 kepala daerah dari berbagai wilayah Indonesia. Di antaranya, dari karesidenan Madiun, Blitar, Bondowoso, Jembrana (Bali), Humbang Hasundutan (Sumut), Mandailing Natal (Sumut), Bener Meriah (Aceh), serta Kabupaten Lingga (Kepri).

Acara juga dihadiri oleh jajaran Kementerian Keuangan. Khususnya, dari Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Serta, Kementerian Pertanian, dan tim teknis serta lapangan dari PT Great Giant Pineapple (GGP). (Dhevit/irs/iko/diskominfo)