Selamatkan Aset, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Restorasi Ribuan Letter C

MADIUN – Letter C merupakan salah satu dokumen penting yang dapat dijadikan sebagai dasar bukti kepemilikan tanah. Karena berupa kertas, maka ketahanannya pun terbatas. Padahal, perannya sangat vital di masyarakat.

Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun berinisiatif merestorasi seluruh dokumen letter C yang ada di kelurahan se-Kota Madiun. Salah satunya, di Kelurahan Rejomulyo pada Senin, (12/8).

‘’Letter C ini memang jadi kendala bagi saya. Karena keberadaannya sudah lama sejak kelurahan masih berupa desa. Sehingga, banyak yang rusak,’’ ujar Lurah Rejomulyo Bambang Agus Sunarjo.

Dengan kondisi dokumen yang ringkih, lanjut Bambang, pelayanan terhadap masyarakat cukup lambat. Petugas harus mencari dokumen satu per satu. Prosesnya juga tidak bisa dilakukan dengan cepat karena khawatir merusak dokumen.

Karena itu pula, Bambang merasa terbantu dengan adanya inisiatif restorasi dokumen yang dilakukan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Harapannya, pelayanan terhadap masyarakat dapat dilakukan lebih cepat.

Baca juga:   Hati-Hati! Madiun Masuk Zona Merah Peredaran Rokok Ilegal

Proses penyelamatan aset ini diawali dengan memilah nomor urut dokumen. Kemudian, melapisi dokumen dengan kertas Jepang dan ditunggu hingga benar-benar kering serta melekat sempurna. Selanjutnya, dokumen tersebut di-scan sebagai upaya alih media dari hardfile menjadi softfile.

Total ada 2005 dokumen letter C yang direstorasi di Kelurahan Rejomulyo. Ini dibedakan menjadi dua jenis buku. Rinciannya, satu buku tanah darat terdiri atas 1.563 bidang tanah. Serta, satu buku tanah sawah berisi 442 bidang tanah.

Selain di Rejomulyo, kelurahan lainnya yang sudah dilakukan restorasi dokumen adalah Josenan, Manguharjo, dan Kejuron. Ke depan, kelurahan lainnya di Kota Madiun juga akan dilaksanakan kegiatan yang sama. Sehingga, aset tersebut dapat terjaga dan bertahan lebih lama. (Dhevit/irs/madiuntoday)