Peringati Hari Pramuka ke-58, Walikota Imbau Masyarakat Amalkan Dasa Dharma Pramuka

MADIUN- 14 Agustus selalu diperingati sebagai Hari Pramuka (Praja Muda Karana). Tahun ini, usia organisasi yang berlambangkan tunas kelapa itu memasuki usia yang ke-58 tahun. Di Kota Madiun peringatan HUT Pramuka sendiri, diperingati dengan kegiatan apel besar yang diadakan di Alun-alun Kota Madiun, Senin (14/8).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Madiun Maidi selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Kwartir Cabang Madiun mengatakan, bahwa pramuka adalah salah satu pendidikan yang mampu menunjang untuk terciptanya karakter penerus bangsa yang unggul.

“Generasi kedepan salah satunya adalah generasi yang harus bisa dibanggakan oleh negara. Pramuka punya Dasa Dharma, tatkala menjadikan Dasa Dharma sebagai pedoman, kalau sudah dijalani sehari-hari kehidupan anak-anak kedepan terjamin,” jelasnya.

Baca juga:   Quick Count Pilkada Kesbangpol Jadi Jujukan

Untuk Kota Madiun, lanjutnya, Pramuka akan digerakkan dan Dasa Dharma akan dibudidayakan. Sehingga kedepan, generasi penerus dapat menjadi pribadi yang berlandaskan sepuluh sikap luhur yang wajib dimiliki oleh seorang Pramuka.

“Dasa Dharma itu pembentuk karakter bangsa.  Kedepan tugas berat generasi penerus untuk  bisa membentengi diri dari gangguan-gangguan yang ada. Semua yang ada di Pramuka kita galakkan agar kedisiplinan, ucapan, dan tingkah laku terbiasa seperti itu,” tegasnya.

Apel bersama tersebut dihadiri oleh segenap jajaran Forkopimda di Kota Madiun dan Ketua TP PKK Kota Madiun bersama jajaran. Dalam kesempatan yang sama, sekaligus diberikan berbagai penghargaan yang telah diraih oleh anggota Pramuka Kwarcab Madiun yang berprestasi.
(WS Hendro/kus/diskominfo)