Tingkatkan Kreativitas, Disnaker Gelar Pelatihan Souvenir

MADIUN – Perkembangan zaman turut memengaruhi kreativitas masyarakat untuk memanfaatkan barang-barang bekas menjadi produk baru. Misalnya, kain perca yang diproduksi menjadi souvenir menarik. Bahkan, layak jual.

Untuk mengasah keterampilan masyarakat, Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun menggelar pelatihan membuat souvenir. Kegiatan yang berlangsung 3 hari mulai 13-15 Agustus 2019 itu menyediakan beragam model kerajinan sebagai contoh.

“Ada bantal leher, bantal dudukan, boneka bentuk binatang, hingga tas lipat,” ujar Kabid Perindustrian Disnaker Apri Tri Yudianto saat ditemui pada pelatihan di Gedung Diklat Kota Madiun, Kamis (15/8).

Menurut Apri, pemilihan produk tersebut memiliki tujuan khusus. Yakni, disesuaikan dengan kebutuhan dan selera masyarakat masa kini.

Misalnya seperti bantal leher yang laris di pasaran karena berguna sebagai sandaran saat di perjalanan. Begitu pula dengan tas lipat sebagai pengganti plastik kresek yang mudah dibawa.

Baca juga:   Beri Pembinaan Kepada PKL, Walikota Harap Keberadaannya Mampu Jadi Unsur Pengerek Ekonomi

Total ada 30 peserta yang mengikuti pelatihan tersebut. Mereka merupakan pelaku IKM yang sebelumnya telah memiliki keahlian menjahit. Disnaker juga mendatangkan narasumber khusus dari Yogyakarta.

Dalam pelatihan tersebut, para peserta tidak hanya diajari cara membuat souvenir. Narasumber juga memberikan tips dan mengoreksi hasil karya peserta.

Apri mengatakan, hasil karya peserta yang bagus akan ditampilkan dalam pameran. Harapannya, pelatihan tersebut juga akan memberikan manfaat dan dapat meningkatkan kesejahteraan para peserta. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#100ThMadiun
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2019