Lomba Cipta Teknologi Tepat Guna (TTG), Kota Madiun Cari Inovator Muda

MADIUN- Pemkot Madiun melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kembali menggelar lomba inovasi teknologi tepat guna yang ditujukan bagi pelajar SMP-SMA hingga tingkat mahasiswa pada Jumat (16/8).

Beragam inovasi mengemuka, mulai dari gelang tuna rungu karya mahasiswa Politeknik Madiun hingga Blender Pancal Elektrik karya siswa SMPN 8 Kota Madiun. Total sebanyak 24 inovasi di segala sektor kehidupan diciptakan oleh inovator-inovator muda Kota Madiun.

Kepala Bidang Tenaga Kerja Varda Yuniarti mengatakan, lomba yang digelar tahunan ini bertujuan untuk menjaring bibit-bibit unggul di bidang teknologi. Sekaligus untuk mempotivasi pelajar dan mahasiswa agar mau berkarya.

“Ini progam tahunan, Disnaker memfasilitasi karya inovator-inovator muda untuk berekspresi menciptakan suatu inovasi teknologi tepat guna yang harapannya bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Baca juga:   Progres Rehab Teledor, Opening Plaza Lawu Madiun Terancam Molor

Lebih lanjut Varda mengatakan, lomba cipta inovasi TTG penting untuk dilakukan mengingat peningkatan inovasi bagi generasi muda sedang digalakkan oleh Pemerintah Indonesia.

“Ini salah satu strategi untuk menciptakan generasi unggul,” ucapnya.

Selepas didapatkan pemenang lomba, Varda mengatakan Disnaker akan terus melakukan pemantauan dan fasilitasi untuk memberdayakan teknologi yang telah diciptakan.

“Kita ada lembaga penelitian pengembangan yang akan menindaklanjuti karya-karya yang akan di tindak lanjuti di tingkat nasional,” pungkasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)