Senam Lansia di Taman Lalu Lintas, Jaga Warga Tua Tetap Berkualitas

MADIUN – Upaya menjaga pedikat Kota Ramah Lansia yang di dapat Kota Madiun tahun ini terus dilakukan. Berbagai kegiatan mendukung hal tersebut semakin digalakkan. Seperti senam lansia, Jumat (16/8). Senam yang digelar rutin tersebut berlangsung seru di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun. Kegiatan semakin lengkap dengan sarapan sehat bersama dan cek kesehatan gratis.

‘’Seperti yang kita ketahui, kota kita kota ramah lansia. Kita dapat juara dua tingkat provinsi. Mencapainya mungkin mudah. Mempertahankannya yang sulit. Kegiatan-kegiatan seperti ini harus terus ditingkatkan setelah predikat diraih. Jangan sebaliknya,’’ kata walikota.

Senam lansia memang menjadi salah satu program Pemerintah Kota Madiun yang cukup mendongkrak penilaian kota ramah lansia tersebut. Program kesehatan ini juga terintegrasi dengan jaminan kesehatan. Masyarakat yang kurang mampu diberikan jaminan kesehatan yang dibiayai pemerintah. Artinya, mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Selain itu, RSUD Kota Madiun juga memberikan jalur khusus bagi masyarakat usia lanjut. Mereka tidak perlu mengantre seperti umumnya. Bahkan, ke depan pelayanan di rumah sakit untuk lansia bakal dibuat terpadu dalam satu ruangan tersendiri. Harapannya, mereka terlayani dalam satu tempat.

Baca juga:   Menjelang 2019, Walikota Imbau Usulan Perda Sesuai Kebutuhan

Pembangunan di Kota Madiun juga sudah memperhatikan lansia. Salah satunya, adanya pegangan di setiap kantor pelayanan, jalan untuk kursi roda, tempat ibadah khusus lansia dan sebagainya. Fasilitas di taman kota juga memperhatikan kalangan lansia. Pemerintah berharap fasilitas umum juga dapat dinikmati kaum lansia. Walikota menambahkan pemkot juga memberikan pembinaan dan pelatihan. Di antaranya, menyulam, lomba menembang jawa, lomba pakaian adat jawa, hingga pertemuan rutin.

‘’Lansia harus senang dan bahagia. Tidak boleh stress. Makanya kami beri kesibukan tetapi. Ini penting untuk menjaga dari stress,’’ terangnya.

Berbagai upaya ini terbukti mendongkrak Usia Harapan Hidup (UHH) masyarakat Kota Madiun yang mencapai 72,59 tahun di 2018. Capaian ini menempatkan Kota Madiun diperingkat ketiga untuk wilayah Jawa Timur.

‘’Prinsipnya pemerintah terus berkomitmen memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal,’’ pungkasnya. (ws hendro/agi/diskominfo)