Tampilkan Drama Kolosal Jenderal Soedirman, Yonif Para Raider 501 Pamer Seni Silat Nusantara

MADIUN – Prosesi peringatan detik-detik Proklamasi di Alun-Alun Kota Madiun terasa lebih berkesan. Salah satunya karena didukung atraksi Seni Silat Nusantara yang dibawakan oleh Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha dengan kemasan drama kolosal Jenderal Besar Soedirman melawan penjajah yang mengusik kemerdekaan Indonesia.

Diceritakan Jenderal Soedirman yang saat itu tengah ditandu oleh anak buahnya sedang melintasi Desa Balerejo Madiun. Di sana, sang jenderal bertemu dengan masyarakat sekitar dan mengabarkan tentang perang gerilya yang dilakukannya bersama pejuang dari Jakarta.

“Saya tidak rela kemerdekaan yang sudah kita rebut dengan korban ribuan nyawa dan tetesan darah pejuang ini dirampas kembali oleh penjajah. Bangsa ini membutuhkan kita semua untuk bahu membahu mengusir penjajah,” ujarnya.

Ucapan Jenderal Soedirman pun diamini warga desa. Merekapun tak rela kemerdekaan Indonesia kembali direbut oleh bangsa penjajah. Mereka juga menyatakan siap untuk melawan. “Kami tidak mau anak cucu kita menjadi antek-antek penjajah,” serunya.

Baca juga:   MC Berbahasa Jawa Makin Jarang, Disbudparpora Gelar Pelatihan

Akhirnya, Jenderal Soedirman mengutus Supriadi untuk mengajari para warga dengan jurus Silat Nusantara. Ini merupakan jurus-jurus yang berasal dari 14 perguruan silat dan digabung menjadi satu. Jurus ini ampuh melawan penjajah di tanah air.

Meski dengan tangan kosong, warga pribumi mampu melawan penjajah yang bersenjatakan senapan api. Mereka berhasil mengusir penjajah untuk pergi dari tanah Balerejo.

Sorak tepuk tangan penonton pun menutup drama kolosal dengan manis. Ditambah prosesi pembentangan bendera merah putih raksasa di tengah lapangan bersama forkopimda di wilayah Kota Madiun.

Walikota Madiun Maidi pun mengapresiasi penampilan drama kolosal dari Yonif Para Raider 501/Bajra Yudha. Juga, pengisi acara lainnya. Seperti paduan suara siswa-siswi SMA 3 Taruna Angkasa Madiun.

“Kejutan-kejutan dan inovasi-inovasi inilah yang akan dilanjutkan oleh generasi penerus kita,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)