Upacara Detik-detik Proklamasi Ingatkan Kembali Komitmen Jaga NKRI

MADIUN – Detik-detik pengibaran Sang Saka Merah Putih dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung khidmat di Alun-Alun Kota Madiun, Sabtu (17/8). Rasa haru dan bahagia bersatu padu mengenang jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raga demi kemerdekaan NKRI.

Tanda sirine disertai delapan kali dentuman meriam menggetarkan dada. Seolah dibawa kembali pada peristiwa heroik perjuangan para pahlawan di medan perang melawan penjajah. Semangat menjaga kemerdekaan NKRI pun kembali berkobar dalam jiwa.

“Usia kemerdekaan Republik Indonesia ini sudah dewasa. Untuk itu, apa yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini,” ujar Walikota Madiun Maidi.

Sejalan dengan tema SDM Unggul Indonesia Maju, upaya meningkatkan kualitas masyarakat di Kota Madiun pun telah dirancang oleh Pemkot. Baik melalui beasiswa maupun pelatihan. Sehingga, seluruh masyarakat dapat berkontribusi mengisi kemerdekaan Indonesia dan mempertahankannya tetap utuh.

Baca juga:   Sosialisasi Peraturan Barang dan Jasa, Bukti Pemkot Madiun Tanggap Pelayanan Publik

Lebih lanjut, Walikota juga mengimbau masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan sebagai wujud upaya mengisi kemerdekaan Indonesia. Serta, meningkatkan daya saing di mata dunia.

Walikota pun berharap, HUT RI ke-74 ini dapat menjadi momentum kebangkitan masyarakat dalam mempertahankan kemerdekaan dan menjaga keutuhan NKRI. Apalagi, di tengah kondisi global yang tak menentu. “Generasi ke depan harus lebih baik dan bisa menata kehidupan ini lebih sempurna,” tegasnya.

Sementara itu, prosesi resmi pengibaran bendera hingga atraksi hiburan berjalan sukses mewarnai upacara yang digelar mulai pukul 09.00 itu. Walikota pun memberikan apresiasi kepada seluruh pengisi acara. “Semuanya sukses sesuai yang kita harapkan dan berjalan lancar,” imbuhnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)