Jelang Suro 2019, Forpimda Matangkan Persiapan Pengamanan

MADIUN – Upaya menjaga kondusifitas Kota Madiun selama Bulan Suro terus dimatangkan oleh Pemkot maupun forpimda lainnya. Salah satunya dengan menggelar rapat koordinasi untuk membahas kegiatan yang akan berlangsung selama satu bulan ke depan.

Hal ini seperti yang terlihat di ruang rapat Mapolresta Madiun, Senin (19/8). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Walikota Madiun Maidi, Wakil Walikota Madiun Indah Raya Ayu Miko Saputri, jajaran pemkot, pejabat Polresta Madiun, dan perwakilan perguruan silat.

Berkaca pada tahun-tahun sebelumnya, setiap Bulan Suro ribuan warga perguruan pencak silat memasuki Kota Madiun untuk melaksanakan tradisi tahunan. Gelombang manusia ini perlu diantisipasi untuk menjaga kondisi kota tetap kondusif.

Dalam kegiatan tersebut, Walikota Madiun Maidi menyampaikan bahwa pemkot senantiasa mendukung kegiatan dan tradisi yang akan dilakukan oleh perguruan silat. Begitu pula yang mendatangkan massa cukup banyak dari luar kota. “Asalkan tetap santun dan menjaga keamanan. Tidak boleh rusuh di Kota Madiun,” ujarnya.

Baca juga:   9 Ribu Penduduk Non Permanen Tinggal di Kota Madiun, Dimungkinkan Karena Hal Ini…

Walikota pun mengimbau setiap perguruan silat menyelenggarakan kegiatan yang dapat mendatangkan hiburan bagi masyarakat. Sehingga, datangnya Bulan Suro juga dapat dinikmati masyarakat.

Tak hanya itu, Walikota juga mengajak para pendekar dari setiap perguruan silat untuk mengadakan kegiatan sosial. Sehingga, keberadaannya membantu masyarakat kurang mampu yang mengalami kesulitan.

“Usia kemerdekaan kita sudah dewasa. Begitu pula dengan usia padepokan silat. Seharusnya bisa jadi panutan,” imbuhnya.

Sementara itu, Wakapolresta Madiun Kompol Ali Rahmat menuturkan bahwa rapat hari ini masih akan dilanjutkan. Harapannya, persiapan dapat dilakukan secara matang dan kondusifitas Kota Madiun dapat terjamin.

“Untuk personel belum kami hitung. Tapi kami siapkan semua. Perguruan silat juga sudah komitmen untuk menjaga keamanan Madiun Raya,” tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)