Lomba Gerak Jalan, Tumbuhkan Kedisiplinan, Gotong Royong, dan Wawasan Kebangsaan

MADIUN – Semarak Kemerdekaan di Kota Madiun seakan tak ada habisnya. Meskipun peringatan sudah lewat, namun euforianya masih terasa hingga kini. Seperti yang terlihat dalam gelaran Lomba Gerak Jalan Kemerdekaan, yang berlangsung pada Senin (19/8).

Tak sekadar memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, namun sekaligus menanamkan rasa kebangsaan dan kedisiplinan. Walikota Madiun Maidi usai memberangkatkan peserta lomba mengatakan banyak ilmu yang bisa dipetik dari gerak jalan.

‘’Generasi sekarang ini kita coba untuk menerapkan kerja sama, gotong royong, dalam bentuk baris berbaris,’’ kata Walikota Madiun Maidi usai pemberangkatan peserta lomba.

Lomba gerak jalan cukup meriah. Diikuti ratusan tim dari tingkat SD hingga kategori umum dan instansi. Peserta tak hanya menampilkan baris-berbaris. Namun, juga mengkombinasikan dengan atraksi di tengahnya.

Baca juga:   Sinkronkan Program, Mada Kunjungi Walikota

Terutama saat melintas di depan panggung pejabat daerah. Peserta menampilkan formasi dan yel-yel unik. Beberapa di antaranya mengundang decak kagum. Namun, ada juga yang mengundang tawa.

‘’Gerak jalan bukan hanya melatih mental dan fisik. Tapi juga melatih sikap patuh, konsentrasi dan daya kreativitas anak-anak,’’ ungkapnya.

Nilai-nilai yang ada, ucapnya, memang belum terlihat sekaran. Tapi pastk akan bermanfaat untuk masa depan. Terutama peserta pelajar. Walikota berharap semangat berlomba dijadikan gambaran seperti para pejuang saat merebut kemerdekaan. Panasnya terik matahari tak menyurutkan semangat peserta. Anak-anak tanpa antusias.
(WS Hendro/kus/diskominfo)