Walikota Sambut Kepulangan 189 Jamaah Haji Kota Madiun

MADIUN – Isak tangis haru warnai kepulangan 189 jamaah haji asal Kota Madiun di Wisma Haji, Senin (19/8). Para jamaah dan anggota keluarganya pun saling berpelukan melepas rindu setelah satu bulan terpisah jarak antara Indonesia dan Arab Saudi untuk melaksanakan rukun Islam yang kelima itu.

Walikota Madiun Maidi pun turut larut di dalamnya. Orang nomor satu di Kota Madiun ini menyalami satu per satu jamaah yang akhirnya tiba di tanah air. ‘’Alhamdulillah, hari ini jamaah haji kita semuanya sudah kembali ke Kota Madiun dengan jumlah yang tetap dan semuanya sehat wal’afiat,’’ tutur Walikota saat menerima kepulangan jamaah haji tahun ini.

Pada 6 Juli lalu, Walikota memberangkatkan 189 jamaah haji asal Kota Madiun. Setelah satu bulan lebih berada di tanah suci, kini mereka kembali ke kampung halaman untuk berkumpul dengan anggota keluarganya.

Atas kepulangan jamaah haji, Walikota berharap semakin banyak doa yang dipanjatkan untuk keamanan, ketentraman, dan kesejahteraan Kota Madiun. Selain itu, para jamaah juga bisa menjadi haji yang mabrur.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Madiun H. Munir menuturkan, ada tiga ciri orang yang hajinya mabrur. Yakni, senantiasa menjaga tutur kata dan perilaku, memiliki kepedulian terhadap lingkungan, bangsa, dan negera, serta menjadi pelopor masyarakat dalam hal kebaikan.

Baca juga:   Menuju Penilaian Nasional, Walikota Imbau TK Pembina Tampil Maksimal

‘’Kami berharap para jamaah senantiasa melaksanakan 3 hal ini untuk menyempurnakan ibadah haji,’’ ujarnya.

Lebih lanjut, Munir menjelaskan, masih ada dua jamaah haji susulan asal Kota Madiun yang saat ini belum tiba di tanah air. Keduanya dijadwalkan mendarat di Bandara Juanda pada pukul 12.05, Selasa (20/8). Pihak Kemenag pun sudah mempersiapkan sarana prasarana untuk menjemput dua jamaah tersebut.

Sementara itu, perwakilan jamaah haji H.M. Anshori menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemkot Madiun dan Kemenag Kota Madiun yang telah memberikan segala fasilitas untuk para jamaah. Pihaknya pun mengungkapkan bahwa jamaah Kota Madiun mendapatkan bantuan dan fasilitas memadai selama berada di tanah suci.

‘’Alhamdulillah, ibadahnya lancar, petugas siaga, dan terpenuhi segala akomodasi. Sehingga, perjalanan ibadah haji tahun ini tidak terjadi kendala yang berarti,’’ ungkapnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)