Pemberangkatan Tour d’Indonesia Etape 2, Kota Madiun Siap untuk Event Berikutnya

MADIUN – Pemberangkatan etape 2 gelaran Bank BRI Tour d’Indonesia di Kota Madiun berlangsung sukses, Selasa (20/8). Sebanyak 160 atlet dari 25 negara turut meramaikan gelaran Tour d’Indonesia etape kedua dengan rute Madiun-Batu tersebut. Pemberangkatan dilakukan Walikota Madiun Maidi di Alun-alun setempat.

Berbagai keseruan mengemuka dalam pemberangkatan tersebut. Salah satunya, kesenian reyog dari Kota Madiun. Kegiatan semakin istimewa lantaran dihadiri juga Spech Directur World Cycling Center atau Badan Sepeda Dunia Mr. Frederic Manye dan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia Raja Sapta Oktohari.

Walikota Madiun Maidi mengucapkan terima kasih atas kepercayaan untuk menjadi salah satu tuan rumah gelaran tersebut. Kota Madiun, kata dia, membuka diri untuk menjadi tuan rumah gelaran-gelaran berikutnya. Tidak hanya event sepeda tetapi juga event lain.

‘’Prinsipnya kami siap. Ini merupakan kedua kalinya dan berjalan lancar. Pastinya ke depan akan semakin lancar jika diberi kepercayaan lagi,’’ kata walikota.

Walikota berharap event juga menjadi pelecut semangat atlet-atlet sepeda Kota Madiun. Atlet terpacu untuk dapat menjadi seperti mereka. Menjadi atlet sepeda kelas dunia. Pemerintah pastinya bakal memberikan fasilitas-fasilitas pendukungnya. Salah satunya, jalan-jalan di Kota Madiun yang sudah cukup halus saat ini. Nyaris semua jalan sudah ber-hotmix. Halus dan nyaman untuk bersepeda. Masyarakat juga dapat menggunakan sirkuit di Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Madiun.

Baca juga:   Pisah Sambut Walikota, MADA Siap Ukir Prestasi Bersama

‘’Menjadi tuan rumah berarti bisa melihat langsung atlet-atlet jempolan ini. Harapannya saya masyarakat terpacu,’’ terangnya sembari menyebut pemkot juga sudah menambah jalur sepeda di sejumlah ruas jalan di Kota Madiun.

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Sport Sepeda Indonesia Raja Sapta Oktohari menyebut Kota Madiun kembali sukses menjadi tuan rumah gelaran ini. Hal itu juga terjadi tahun lalu. Lagi-lagi,Raja Sapta mengapresiasi masyarakat Kota Madiun yang ramah dan santun. Bahkan, dirinya menyebut masyarakat Kota Madiun besar kemungkinan menjadi supporter terbaik.

‘’Kalau ada kategori supporter terbaik, saya yakin Kota Madiun yang terbaik,’’ ujarnya.

Ratusan rider tersebut akan melahap rute Madiun-Batu sejauh 157,8 kilometer dalam etape kali ini. Sebelumnya, mereka menempuh rute Magelang-Ngawi pada etape pertama. Selanjutnya, mereka akan menuju Jember, Banyuwangi, hingga Pulau Dewata Bali. (ws hendro/agi/diskominfo)