Adu Kreativitas, Ratusan Pramuka Penggalang Kwarran Taman Ikuti Lomba Tingkat II

MADIUN – Perhelatan lomba tingkat II rupanya menyedot perhatian Pramuka Penggalang di lingkungan Kwartir Ranting (Kwarran) Taman. Hal ini terbukti dengan banyaknya jumlah peserta yang mengikuti kegiatan tersebut. Tak tanggung-tanggung, jumlah peserta mencapai 432 siswa.

Ketua Kwarran Taman Kota Madiun Suprijadi menuturkan, total sekolah yang mengikuti lomba tingkat II di Lapangan Gulun 20-21 Agustus 2019 ini ada 27 lembaga. Terdiri atas 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI), 19 SD negeri, dan 5 SD swasta.

‘’Ada 27 regu putra dan 27 regu putri. Masing-masing regu berisi 8 anggota,’’ terangnya saat ditemui sebelum prosesi penutupan lomba tingkat II, Rabu (21/8).

Meski jumlah peserta cukup banyak, Suprijadi mengungkapkan bahwa kegiatan dapat berjalan lancar. Bahkan, seluruh peserta mengikuti rangkaian acara tanpa kendala berarti.

Para peserta juga beradu kreativitas pada lomba-lomba yang terlaksana mulai hari pertama. Yakni, lomba tapak tenda yang mewajibkan peserta membangun tenda beserta isinya secara lengkap dengan dapur beserta tempat sampah.

Kemudian, ada lomba pioneering yang dilaksanakan pada sore hari. Para peserta diminta membuat gapura dan tiang bendera yang kokoh di depan tendanya masing-masing. Malam harinya, para peserta mengikuti lomba menyanyi lagu atau yel-yel yang diselenggarakan bersamaan api unggun.

Baca juga:   Tingkat Partisipasi Pemilih Meningkat, KPU Beri Apresiasi

Hari berikutnya, para peserta mengikuti lomba upacara yang diselenggarakan sebelum upacara penutupan. ‘’Dari lomba-lomba ini diambil 6 regu putra terbaik dan 6 regu putri terbaik,’’ terang Kepala SDN 01 Manisrejo tersebut. 12 regu terbaik itu akan mengikuti Lomba Tingkat III yang akan terselenggara pada 27-28 Agustus mendatang.

Dari hasil lomba diketahui regu putra terbaik ranking 1-6 diraih oleh SDN 02 Pandean, SDN 02 Mojorejo, SDN 01 Taman, SDN 01 Mojorejo, SDN 03 Josenan, dan MIT Bakti Ibu. Sementara, juara 1-6 untuk regu putri diraih oleh SDN 02 Pandean, SDN 02 Mojorejo, MIN 2 Kota Madiun, SDN Banjarejo, SDN 03 Josenan, dan SDN 01 Mojorejo.

Suprijadi berharap, para peserta dapat terus meningkatkan kekompakan. Serta, mempertahankan prestasi yang telah diraihnya. ‘’Dan, yang paling penting bisa menjalin keakraban antar anggota Pramuka Penggalang meski dari sekolah yang berbeda-beda,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/farid/madiuntoday)