Komoditas Ini Diprediksi Picu Inflasi Agustus 2019

MADIUN- Inflasi merupakan penyebab terjadinya kenaikan harga-harga kebutuhan sehari-hari dari waktu ke waktu. Jika kita merasakan harga barang pada saat ini lebih mahal dibandingkan dengan dua tahun yang lalu, itu adalah salah satu dampak dari terjadinya inflasi.

Hingga saat ini, inflasi merupakan gejala ekonomi yang menjadi perhatian berbagai pihak. Maka dari itu, tak heran jika BPS Kota Madiun selalu melakukan pemantauan terhadap pola-pola konsumen yang memicu terjadinya inflasi.

Seperti yang dilakukan BPS Kota Madiun, pihaknya memprediksi bahwa inflasi di bulan Agustus 2019 di Kota Madiun, bakal terjadi karena adanya kenaikan permintaan dalam dunia pendidikan.

“Ada beberapa komoditas yang mungkin bisa menyumbang inflasi. Kemungkinan ada kenaikan SPP baik tingkat TK atau SD hingga perguruan tinggi,” ujar Ketua BPS Kota Madiun Umar Sjaifudin.

Baca juga:   702 Penerima PKH Sudah Bisa Cairkan Bantuan

Lebih lanjut dirinya mengatakan, terdapat beberapa komoditas lainnya yang menyangkut dunia pendidikan yang diprediksi akan menyumbang inflasi Agustus, seperti seragam sekolah, peralatan sekolah seperti buku tulis, dan sebaginya. Dirinya mengatakan, berdasarkan kenaikan yang sudah terjadi di bulan Juli.

“Kalau untuk kelompok bahan makanan saya kira tidak terlalu besar andilnya. Disini peran TPID berhasil untuk menekan inflasi,” ungkapnya.

Hal ini dibuktikan dengan inflasi di Kota Madiun pada bulan Juli lalu, Kota Madiun berada di urutan ke lima dari delapan kota penghitung inflasi nasional di Jawa Timur, yakni sebesar 0,17 persen.
(dhevit/kus/madiuntoday)