Tingkatkan Kesiagaan Personel, Denpom V/1 Madiun Gelar Latihan Pengawalan VVIP

MADIUN – Sebanyak 55 personel gabungan TNI dan Polri disiagakan untuk menjemput Presiden Joko Widodo yang akan melaksanakan kunjungan ke Universitas Merdeka, Kota Madiun pada Rabu (21/8). Iring-iringan mobil pengawal tamu VVIP telah bersiap di markas Denpom V/1 Madiun sejak pukul 08.00.

Total, ada 10 mobil dan 2 motor pengawalan yang digunakan untuk menjemput presiden. Ditambah pengawalan petugas di sepanjang rute jalan yang dilalui. Mereka memastikan arus lalu lintas aman dan bebas dari kemacetan.

Pasukan pun diberangkatkan untuk menjemput presiden di Lanud Iswahjudi pada pukul 10.00. Sepanjang perjalanan, para personel TNI dan Polri terus waspada terhadap potensi gangguan yang bisa saja terjadi.

Namun, rupanya giat penjemputan presiden tersebut berjalan lancar tanpa kendala hingga sampai ke lokasi acara di Universitas Merdeka, Jalan Serayu, Kota Madiun. Setelah itu, kembali ke markas Denpom di Jalan DI Panjaitan.

Meski bukan kejadian sebenarnya, personel TNI dan Polri yang terlibat dalam latihan giat penjemputan tamu VVIP itu tetap menjalankan tugas secara profesional. Termasuk, mempersiapkan segala sarana dan prasarana yang diperlukan.

Baca juga:   Live Report : Pantauan Arus Mudik di Tol Madiun H-2

Sebelum dilaksanakan penjemputan, para personel yang bertugas melakukan cek tekanan darah. Kemudian, melaksanakan apel untuk mendapatkan instruksi langsung dari Komandan Denpom V/1 Madiun Letkol CPM Didik Haryadi.

Tak hanya itu, Dandenpom juga mengecek satu per satu kendaraan yang akan digunakan untuk menjemput tamu VVIP. ‘’Pengawalan tamu VVIP merupakan salah satu tugas kami. Karena itu, latihan ini penting untuk meningkatkan kecakapan petugas,’’ tutur Dandenpom.

Menurutnya, situasi dan kondisi di Kota Madiun cukup kondusif. Ancaman terhadap gangguan terhadap tamu-tamu VVIP maupun VIP cukup kecil. Namun, antisipasi tetap perlu dilakukan agar petugas lebih siap menghadapi segala medan di lapangan.

Letkol Didik berharap, Denpom V/1 Madiun selalu siap siaga melaksanakan tugas. Serta, dapat melayani dan mengabdi kepada masyarakat. ‘’Khususnya, di wilayah Madiun,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)