MADIUN – Penyusunan masterplan konsep smart city di Pemerintah Kota Madiun semakin matang. Penyusunan melalui bimbingan teknis di hari kedua, Jumat (30/8) sudah mengerucut berdasar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) masing-masing. Tak heran, masterplan semakin detail. Walikota Madiun Maidi sengaja datang untuk memberi pengarahan dalam Bimtek kali ketiga tersebut.

‘’Saya harap semua OPD serius. Yang tidak serius akan saya ambil alih. Sebelum bimtek selanjutnya, semua yang menjadi tugas masing-masing OPD harus sudah siap. Ini penting karena akan dipresentasikan di Jakarta,’’ tegas walikota di Sun Hotel, lokasi bimtek.

Tim yang awalnya terbagi dari Smart Governance, Smart Branding, Smart Economy, Smart Living, Smart Society, dan Smart Environment sudah semakin dikerucutkan berdasar OPD. Penyusunan masterplane tidak hanya soal materi dalam bentuk buku. Namun, juga dilengkapi dengan dokumen pendukung berupa video dan foto.

Salah satunya, dokumentasi tentang PeceLand yang menjadi salah satu bagian smart city Kota Madiun. Tiap-tiap OPD terkait diminta menyiapkan dokumentasi pendukung. Seperti Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga yang diminta menyiapkan dokumen tentang nasi pecel dari masa ke masa. Hal itu penting karena pecel merupakan ikon utama dalam PeceLand tersebut.

Baca juga:   Sunday Market Hari Pertama, Sejumlah Evaluasi Mengemuka

Dinas Pertanian juga diminta menyiapkan dokumentasi tentang kawasan perkebunan yang juga akan menjadi ikon dalam PeceLand. Mulai kebun turi, kacang panjang, tebu, ketela, jeruk nambangan, dan lain sebagianya. PeceLand direncanakan juga menyuguhkan wisata air memanfaatkan sungai di sekita lokasi. Dinas PU mendapat tugas untuk dokumentasi rencana wisata air di PeceLand tersebut. Terkait oleh-oleh, Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Koperasi dan Usaha Mikro (DPMPTSPKUM) yang kebagian menyiapkan rencana display untuk buah tangan tersebut.

‘’Ini adalah tugas bersama. Jadi semua OPD terlibat. Paling tidak membantu OPD lain yang memiliki tugas senada,’’ ungkapnya.

Walikota menambahkan, smart city memang bukan sekedar IT. Namun, memanfaatkan kecerdasaan untuk meningkatkan pelayanan, pengembangan kota, dan kesejahteraan masyarakat. Konsep PeceLand merupakan salah satu cara mewujudkannya. PeceLand merupakan sarana peningkatan ekonomi, edukasi, dan ikon Kota Madiun yang semakin maju dan berkembang. (dhevit/agi/diskominfo)