Berawal Dari Hobi, Bernadeta Salwa Nirina Kaylasari Raih Prestasi Lewat Menyanyi

MADIUN – Bagi Bernadeta Salwa Nirina Kaylasari, menyanyi bukan sekadar hobi melepas penat. Tapi, juga menjadi jalannya untuk meraih prestasi dan cita-cita. Sejak kecil, gadis 15 tahun itu memang sudah tertarik dengan dunia tarik suara.

‘’Dulu waktu kecil suka nonton program pencarian bakat di TV. Rasanya senang sekali melihat orang bernyanyi,’’ ungkapnya saat ditemui di tempat latihannya, Voice Corner of Neny School, Minggu (1/9).

Kegemarannya itupun mulai tersalurkan kala dirinya masih duduk di kelas I SD. Waktu itu, ada seorang teman yang mengajaknya les vokal. Tak terasa, kegiatan itu berlanjut hingga sekarang. Bahkan, siswi kelas IX SMPK Santo Yusuf yang akrab disapa Salwa itu mulai mengikuti lomba-lomba menyanyi.

Terbaru, putri kedua dari 3 bersaudara pasangan Paulus Josep Wijanarko dan Eni Widyawati ini berhasil meraih juara 1 kompetisi olah vokal solo kategori SMP di ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat provinsi pada 27 Agustus lalu. Salwa pun didapuk menjadi perwakilan Jawa Timur di ajang FLS2N tingkat Nasional di Lampung 15 September mendatang.

Baca juga:   Jaga Keamanan dan Ketertiban Kota, Satpam Emban Tugas Mulia

Meski tak ada darah seni dari keluarga, namun orang tua Salwa sangat mendukung minat bakat sang buah hati. Pihak sekolah juga tak keberatan memberikan dispensasi saat Salwa membutuhkan waktu untuk berlatih atau mengikuti lomba.

Namun, latihan dan lomba tak menjadikan Salwa malas belajar. Dia sadar betul bahwa pendidikan akademik adalah hal yang penting baginya. Tak hanya itu, dia juga aktif mengikuti kegiatan di sekolah. ‘’Suka ekskul Pramuka,’’ ujar penggemar Ariana Grande dan Agnes Monica ini.

Selain pendidikan, Salwa juga memperhatikan stamina suaranya. Yakni, dengan tidak mengonsumsi pedas, es, dan gorengan. Padahal, gadis kelahiran Madiun 22 November 2004 ini sangat suka pedas. ‘’Harus mengurangi. Yang penting sudah terasa pedas di lidah saja cukup. Tidak sampai di tenggorokan,’’ paparnya. Mendekati lomba, biasanya Salwa juga mengonsumsi kencur agar tenggorokannya lebih lega.

Ke depan, Salwa ingin terus mengasah kemampuan vokalnya agar semakin baik. Sehingga, dapat mewujudkan cita-cita yang sudah lama dia idamkan. ‘’Ingin menjadi penyanyi,’’ tegasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)