Gelar OPS Patuh Semeru 2019, Satlantas Polres Madiun Kota Tertibkan Puluhan Pelanggar

MADIUN- Puluhan pelanggar lalu lintas di Kota Madiun ditertibkan oleh petugas gabungan operasi patuh semeru 2019 Satlantas Polres Madiun Kota pada Selasa (3/9). Giat tersebut dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terkait Kamsebtibcar Lantas (keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas).

Kanit Turjawali (Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli) Satlantas Polres Madiun Kota Iptu Rohmad Subagyo mengatakan penertiban dan disiplin pengguna jalan di Kota Madiun dilaksanakan mulai pukul 06.30 hingga 07.30 WIB.

“Penertiban kita lakukan di depan kantor Satlantas Madiun Kota yang berada di sekitar Jalan Sumatera dan Jalan Pahlawan, setelah ditertibkan langsung sidang di tempat,” jelasnya seusai giat penertiban.

Pihaknya menggandeng pengadilan dan kejaksaan untuk menindak lanjuti sidang, sedangkan untuk tim gabungan Iptu Rohmad menjelaskan tim tersebut terdiri dari TNI sebanyak 12, Satlantas Polres Madiun Kota 45 personil.

Baca juga:   Bolos Sekolah, 16 Siswa Terciduk Satpol PP

“Pelanggaran yang terjadi paling banyak pengemudi tidak bisa menunjukan surat izin mengemudi dan kemudian perlengkapan yang tidak sesuai aturan berkendara, seperti spion dan knalpot brong,” ungkapnya.

Lebih lanjut dirinya mengatakan dalam ops patuh semeru 2019 kali ini, terdapat delapan pelanggaran yang menjadi fokus road safety, yaitu wajib menggunakan helm SNI, dilarang melawan arus, dilarang menggunakan hp saat berkendara, dilarang berkendara dibawah pengaruh alkohol.

“Selanjutnya saat berkendara dilarang melebihi batas kecepatan, dilarang berkendara dibawah umur, wajib menggunakan safety belt, dan dilarang menggunakan lampu rotaro atau strobo. Intinya kami ingin mengedukasi masyarakat. Ada atau tidak adanya operasi, semua kelengkapan berkendara harus dilengkapi,” tandasnya.
(istimewa/ayu/kus/madiuntoday)