Mantapkan Smart City, Diskominfo Kota Madiun Studi Banding ke Semarang

SEMARANG- Konsep smart city di Pemerintah Kota Madiun kian dimatangkan. Tak hanya melalui bimbingan teknis penyusunan masterplan semata, lebih dari itu Pemkot Madiun melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) juga tak segan belajar langsung ke kota yang lebih dulu menerapkan konsep smart city yakni Kota Semarang.

Seperti yang dilakukan Diskominfo Kota Madiun yang sowan ke Diskominfo Kota Semarang pada Jumat (6/8). Rombongan Diskominfo Kota Madiun disambut hangat, mereka diajak berkeliling untuk melihat kantor yang berada di Jalan Pemuda Kota Semarang itu.

Kepala Diskominfo Kota Madiun Subakri dalam sambutannya mengatakan, giat kali ini dalam rangka studi tiru untuk menambah informasi dan pengetahuan dalam menjalankan konsep smart city di ibukota Jawa Tengah itu.

“Kami mengamati Kota Semarang beberapa langkah lebih dulu dari Kota Madiun dalam hal menuju Semarang smart city, maka dari itu kita studi banding kesini,” ujarnya.

Baca juga:   Malam Gebyar Cukai dan Jingle 100 Tahun Kota Madiun Meriah

Lebih lanjut dirinya mengatakan, kedepan, Diskominfo Kota Madiun akan melihat dan mempelajari apa saja yang baik dan layak untuk ditiru. “InsyaAllah apa yang kami lihat dan pelajari akan diterapkan, tentunya akan kami sesuaikan dengan anggaran dan kebutuhan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Diskominfo Kota Semarang yang diwakili oleh Kabid Pelayanan E-Goverment Arif Budiman mengatakan pihaknya sangat terbuka jika ada daerah yang mencoba untuk mengadaptasi program-program yang telah dijalankan oleh dinasnya.

“Silahkan yang ingin mereplikasi aplikasi, kami sangat terbuka untuk semua kota yang akan belajar mengenai smart city,” ucapnya.

Untuk mewujudkan rancangan tersebut, Arif mengatakan, kotanya mengedepankan kecepatan dalam pelayanan-pelayanan, juga terobosan–terobosan yang kreatif. Tak hanya terkait teknologi informasi,dirinya juga berpesan bahwa pentingnya belajar dari pengalaman orang-orang yang sudah terlebih dahulu mengembangkan smart city dan juga digitalisasi.
(rama/kus/diskominfo)