Tingkatkan Kapasitas Pegawai, Diskominfo Gelar Bimtek dan Pelatihan

SEMARANG – Dalam rangka meningkatkan kapasitas para pegawai, khususnya dalam bidang kehumasan, Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar pelatihan. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Grandhika Pemuda Semarang terlaksana pada Jumat (6/9).

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, kegiatan tersebut menghadirkan Public Speaker sekaligus Infopreneur dari Solo, Muhamad Shidiq. Dengan materi bertema Tantangan Kehumasan di Era Digital dan Milenial.

Kepala Diskominfo Kota Madiun Subakri mengatakan, pelatihan penting dilakukan secara berkelanjutan. Tak hanya meningkatkan kualitas pegawai. Tetapi juga sebagai upaya memperbarui pengetahuan tentang teknologi informasi terbaru. “Apalagi di era saat ini yang menuntut serba cepat. Humas wajib memahami perkembangan teknologi informasi,” ujarnya.

Humas, termasuk di dalam pemerintahan, memegang peranan yang penting. Yakni, sebagai garda terdepan penyampaian informasi kepada publik. Kinerja humas memengaruhi reputasi perusahaannya.

Perkembangan teknologi informasi memang tidak hanya membawa dampak positif. Tetapi juga negatif. Salah satunya adalah perkembangan berita hoax yang merugikan. Di sini peran humas sangat penting untuk meluruskan pemberitaan yang belum tentu dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga:   Ringankan Duka, PT Taspen-Pemkot Berikan Santunan Kematian Bagi Tenaga Kontrak

Narasumber Muhamad Shidiq dalam paparannya menyebutkan tiga hal agar fungsi humas dapat berjalan maksimal. Yaitu, menguasai teknologi digital, memperkuat media sosial, serta melibatkan kaum milenial. “Anak muda paham teknologi, mampu mengoperasikan media sosial, dan kritis,” terangnya.

Namun, lanjut Shidiq, upaya itu tak akan bisa berjalan maksimal tanpa tim yang solid. “Maka, ciptakan suasana kerja yang menyenangkan, jaga kekompakan, rencanakan kegiatan yang akan dilakukan, dan yang terpenting adalah selalu inovatif dalam bekerja,” imbuhnya.

Kegiatan inipun diharapkan dapat meningkatkan kualitas kerja para pegawai di lingkungan Diskominfo Kota Madiun. Serta, dapat diterapkan secara maksimal untuk kemajuan Kota Madiun. (Dhevit/irs/diskominfo)