Walikota Sebut Motivasi Spiritual NU Jadi Penyeimbang Kinerja ASN

MADIUN – Membekali Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan pelatihan dan pembinaan saja rupanya dianggap belum cukup oleh Walikota Madiun Maidi. Upaya peningkatan kinerja juga perlu diimbangi dengan ilmu spiritual. Sehingga, ASN dapat bekerja lebih maksimal demi kepentingan masyarakat.

Salah satunya seperti kegiatan Motivasi Spiritual bagi ASN oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Kota Madiun di Gedung Diklat, Senin (9/9). ‘’Kita harus seimbang. Tatkala bekerja, tentunya ada cobaan-cobaan. Dengan motivasi spiritual ini diharapkan ASN bisa membentengi diri,’’ ujar Walikota saat diwawancarai usai acara.

Menurut Walikota, siraman rohani penting dilakukan secara berkala dan berkelanjutan. Sehingga, para ASN yang notabene bekerja untuk melayani masyarakat, bisa melakukan tugasnya sesuai jalurnya.

Walikota menuturkan, pemkot senantiasa mendukung berbagai kegiatan keagamaan. Selain meningkatkan keimanan, juga memperteguh pendirian agar patuh menjalankan tugas. Sehingga, ASN tidak akan mudah tergoda. Khususnya, dalam melakukan tindakan yang tidak sesuai aturan. Bahkan, merugikan orang lain dan institusinya.

Baca juga:   Rakor Apeksi Regional IV Dimulai, PPPK dan Dana Kelurahan Jadi Topik Utama

Beberapa kegiatan keagamaan telah dilakukan pemkot. Antara lain, pengajian akbar bersama masyarakat di Alun-Alun Kota Madiun. Kemudian, ada kegiatan subuh berjamaah bersama warga, hingga doa bersama antarumat beragama di halaman balaikota.

Selain itu juga diadakan kegiatan tidur di rumah warga kurang mampu setiap bulan. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan empati ASN kepada orang-orang yang kesusahan. Serta, memacu semangat mereka agar bekerja lebih baik lagi demi kesejahteraan masyarakat.

Walikota pun menambahkan, ke depan kegiatan keagamaan akan semakin ditingkatkan. Lokasinya diperluas dan peserta yang dilibatkan lebih banyak. “Akan kami sempurnakan. Saya ingin kegiatannya berbeda-beda,” tandasnya.

Kegiatan Motivasi Spiritual juga dihadiri oleh Ketua Pengcab NU Kota Madiun KH. Agus Mushoffa Izzuddin, Ketua MUI Kota Madiun KH. Sutoyo, anggota Pengcab NU, serta perwakilan ASN dan BUMD di lingkungan Pemkot Madiun. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.30 hingga 16.00. (Dhevit/irs/diskominfo)