Cek Kelayakan Bus di Terminal Purboyo, Petugas Nihil Temukan Pelanggaran

MADIUN- Upaya antisipasi terjadinya kecelakaan yang melibatkan armada bus terus digalakkan oleh petugas  Satuan Pelayanan Terminal Purboyo Madiun. Seperti yang terlihat pada Selasa (10/9). Para petugas tersebut melakukan penegakkan hukum (gakkum) serta pengecekan terhadap bus dan kru awak kendaraan.

Kepala Satuan Pelayanan Terminal Purboyo Suyatno menjelaskan, giat tersebut merupakan gakkum mandiri pertama yang dilakukan oleh satuannya. Berdasarkan gakkum yang dilaksanakan pada hari ini, dirinya mengatakan nihil temuan pelanggaran.

“Sebelumnya beberapa kali kita sudah memberikan peringatan kepada awak bus soal pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan. Ini tidak ada temuan berarti mereka mau memperbaiki dari peringatan yang kita berikan,” ujarnya.

Suyatno mengatakan terdapat beberapa unsur yang dilakukan dalam pengecekan, diantaranya unsur administrasi yang mencakup uji KIR, pelayanan kartu pengawasan (KPS), STNK, dan SIM. Sedangkan untuk masalah teknis yang diujikan terkait lampu.

Baca juga:   Gelang Tunarungu Alat Bantu Bedakan Bahaya Bagi Penderita Tuli Karya Mahasiswa Kota Madiun

“Kita uji per lampu, mulai dari lampu sein, lampu wiper,  pengereman, dan ban yang tidak boleh memakai vulkanisiran,” bebernya.

Saat ditanya terkait kondisi armada bus dalam kota atau jarak pendek yang kurang layak, Suyatno mengatakan pihaknya masih memberikan toleransi terkait armada yang dimiliki oleh bus jarak pendek tersebut.

“Kita juga sudah ke provinsi, bagaimana cara penanganannya tapi ya gimana cost angkutan mahal. Kita masih beri toleransi, yang penting dari segi ban dan pengereman bagus  tidak masalah,” tandasnya.
(istimewa/kus/madiuntoday)

BAGIKAN
Berita sebelumyaWISUDA PNM XIV
Berita berikutnyaSOSIALISASI KEUANGAN OJK