Dukung Enterpreneur Muda, Walikota Siapkan Lapak Wirausaha

MADIUN – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam menyokong perekonomian. Karenanya, upaya untuk membangkitkan pelaku UMKM terus dilakukan oleh pemerintah. Tak terkecuali oleh Pemkot Madiun.

Tak hanya pelaku UMKM yang sudah berjalan, pemkot juga menginisiasi penyediaan lapak usaha bagi mahasiswa yang ingin menjadi entrepreneur muda. Hal ini diungkapkan oleh Walikota Madiun Maidi saat mengisi materi pengenalan lingkungan kampus bagi mahasiswa baru di Universitas PGRI Madiun, Rabu (11/9).

‘’Kami siapkan tempat berjualan yang modern. Ada 100 tempat. Semuanya ada di hutan kota,’’ ujar Walikota di hadapan 1.221 mahasiswa baru Unipma tahun 2019.

Walikota pun menjelaskan, ada persyaratan yang harus dipenuhi mahasiswa untuk bisa mengisi lapak tersebut. Yakni, mengajukan proposal langsung ke Pemkot Madiun untuk diseleksi terlebih dahulu. Proposal yang lolos seleksi boleh menggunakan lapak secara gratis, mendapat modal, dan wajib memberikan laporan dari hasil usahanya secara berkala.

Baca juga:   Makin Berkembang, Kota Madiun Targetkan Nilai Investasi 2019 Capai Rp 380 Miliar

Para mahasiswa yang hasil proposalnya disetujui dan mendapatkan tempat berjualan juga wajib merawat lokasi berjualannya. Jangan sampai mengotori apalagi merusak tanaman di sekitar lokasi. Sehingga, keindahan alam di Kota Madiun tetap terjaga.

Lebih lanjut, Walikota mengatakan, proposal yang diajukan tidak boleh atas nama pribadi. Namun, dilakukan secara berkelompok 6-9 orang. Sehingga, kegiatan usaha dapat dilakukan secara bergantian dan tidak mengganggu jadwal perkuliahan.

Walikota berharap, kegiatan ini tidak hanya sebagai upaya untuk meningkatkan perekonomian di Kota Madiun. Tetapi, juga sebagai ladang belajar bagi para mahasiswa. Khususnya, di bidang wirausaha. Serta, menambah penghasilan untuk membiayai perkuliahannya.

‘’Jangan mudah putus asa dan mengeluh. Tidak akan sukses. Sukses perlu kerja keras,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)