GDS Kembali Beraksi, Sembilan Pelajar Berhasil Diamankan

MADIUN- Sebanyak sembilan pelajar terjaring dalam penertiban yang dilakukan oleh Satpol PP Kota Madiun, Kamis (12/9). Bekerja sama dengan tim gerakan disiplin sekolah (GDS), mereka ditertibkan saat sedang asik menghabiskan secangkir kopi di salah satu warung yang berada di Bantaran Kali Madiun dan sebuah warung yang berada di Jalan Tri Mulyo Kota Madiun.

Kasi Operasi Satpol PP Suwarno mengatakan penertiban siswa bertujuan untuk menegakan gerakan disiplin sekolah (GDS). Dirinya mengaku pihaknya membantu sekolah terkait kedisiplinan para siswanya.

“Kita patroli rutin untuk menjaring, juga mengundang orang tua untuk melakukan pembinaan bersama dengan anak-anak. Mereka ini terdiri dari tiga pelajar SMPN Kwadungan, empat pelajar SMKN 1, dan masing-masing satu siswa dari SMKN 3 dan SMAN 6 Kota Madiun,” ungkapnya.

Baca juga:   Sambut HUT Kemerdekaan, Warga Klegen Gelar Lomba 17-an

Setelah diamankan dan dibawa ke kantor Satpol PP, kesembilan pelajar itu kemudian diberikan pembinaan dan diharuskan untuk menulis surat pernyataan yang menyatakan bahwa mereka tidak akan mengulangi kesalahan yang telah mereka lakukan.

“Kalau masih diulangi lagi kita akan kembalikan ke sekolah masing-masing. Per September ini kami (Satpol PP) sudah menertibkan 18 pelajar yang diamankan saat membolos sekolah, kebanyakan merupakan pelajar SMP luar Kota dan pelajar SMA,” terangnya.

Dalam kesempatan yang sama, Suwarno menegaskan bahwa penertiban yang dilakukan merupakan bentuk perhatian Pemkot Madiun terhadap masa depan generasi penerus. Pihaknya selalu siap menerima pengaduan sekolah dan masyarakat untuk menertibkan siswa-siswanya.
(ayu/kus/madiuntoday)